Bukan Tol Dalam Kota Bandung, Pakar ITB Ungkap Solusi Kemacetan Lebih Tepat dengan Upaya ini

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi Tol Dalam Kota Bandung
Ilustrasi Tol Dalam Kota Bandung /pixabay

PRFMNEWS – Proyek Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) dipastikan Kementerian PUPR akan kembali dilanjutkan dan dibangun mulai tahun 2024, sebagai salah satu solusi mengurai kemacetan lalu lintas. Namun, rencana pembangunan jalan tol baru di Kota Bandung ini menuai pro kontra.

Pakar transportasi dari Kelompok Keahlian Rekayasa Transportasi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Institut Teknologi Bandung (ITB), Aine Kusumawati memberikan pandangannya terkait kelanjutan proyek Tol Dalam Kota Bandung yang ia nilai bukan menjadi solusi terbaik mengatasi masalah kemacetan di Kota Kembang.

“Jalan Tol (Dalam Kota Bandung) itu tidak akan menyelesaikan masalah (kemacetan),” kata Aine Kusumawati dalam keterangan tertulis di laman resmi ITB, dikutip pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Baca Juga: Jalan Tol Dalam Kota Bandung Dibangun Tahun 2024 Sepanjang 27,3 Km, Rutenya Akan Lintasi Wilayah Ini

Aine menilai solusi terbaik mengatasi kemacetan bukanlah dengan membangun Tol Dalam Kota Bandung. Dia menyebut pengadaan transportasi umum massal yang memiliki jalur tersendiri justru menjadi solusi yang lebih tepat untuk mengatasi kepadatan lalu lalang kendaraan pribadi di Kota Bandung.

Pengoperasian angkutan umum massal sebagai solusi lebih tepat mengatasi masalah kemacetan dibandingkan Tol Dalam Kota Bandung, sebut Aine, memang akan terkendala sejumlah faktor.

Kendala yang mungkin dihadapi dalam membangun fasilitas angkutan umum massal, urainya, antara lain soal biaya dan kondisi eksisting jalanan di Kota Bandung.

Baca Juga: Tol Dalam Kota Bandung Disebut Solusi Jangka Pendek Atasi Kemacetan, Pakar Sarankan Pemerintah Bangun Ini

Badan jalan yang kecil tidak memungkinkan dibangunnya jalur khusus untuk transportasi umum tipe busway atau Bus Rapid Transit (BRT) seperti bus TransJakarta di DKI Jakarta.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub