4 Alasan Pakar Sebut Tol Dalam Kota Bandung Tidak Akan Selesaikan Masalah Kemacetan

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rian Firmansyah
ilustrasi jalan Tol Dalam Kota Bandung
ilustrasi jalan Tol Dalam Kota Bandung /

BANDUNG, PRFMNEWS – Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan dibangun mulai tahun 2024. Menteri PUPR berharap keberadaan BIUTR bisa bantu mengurai kemacetan lalu lintas di ruas-ruas jalan Kota Bandung.

“Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat melanjutkan BIUTR. Kami akan memulai proses untuk membantu percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun ini dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Jadi kita lelangkan segera, kita meneruskan," kata Menteri Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Pakar transportasi dari Kelompok Keahlian Rekayasa Transportasi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Institut Teknologi Bandung (ITB), Aine Kusumawati turut menanggapi rencana pembangunan Tol Dalam Kota Bandung pada 2024 yang diharapkan pemerintah dapat mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

Baca Juga: Jalan Tol Dalam Kota Bandung Dibangun Tahun 2024 Sepanjang 27,3 Km, Rutenya Akan Lintasi Wilayah Ini

Aine Kusumawati berbeda pandangan terkait hal tersebut. Menurutnya, membangun Tol Dalam Kota Bandung tidak akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas yang saat ini sudah semakin parah terjadi di Kota Bandung.

“Jalan tol (dalam Kota Bandung) itu tidak akan menyelesaikan masalah (kemacetan),” ucapnya dalam keterangan tertulis di laman resmi ITB, dikutip pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Ada empat alasan, menurut Aine, yang membuat kenapa Tol Dalam Kota Bandung dengan desain rute awal menghubungkan Gerbang Tol (GT) Pasteur hingga Gedebage melewati kawasan Surapati dan Cicaheum, tidak akan mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

Alasan pertama, jelasnya, proyek Tol Dalam Kota Bandung hanya berupa solusi jangka pendek lantaran dalam beberapa tahun ke depan, kapasitas maksimal jalan akan semakin terpenuhi dan kemacetan bakal muncul kembali.

“Dengan dibangunnya tol pun, kemungkinan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi akan semakin meningkat,” ujarnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub