Duet Sahrul-Gun Gun Dinilai Bisa Jadi Ancaman Serius Dadang-Ali Syakieb di Pilbup Bandung

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan menerima rekomendasi dari Partai Golkar di Pilkada Kabupaten Bandung 2024.
Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan menerima rekomendasi dari Partai Golkar di Pilkada Kabupaten Bandung 2024. /Dok. Koalisi Alus Pisan/

PRFMNEWS - PKS dan Golkar sepakat berkoalisi di Pilkada Serentak 2024 dengan mengusung Sahrul Gunawan - Gun Gun Gunawan sebagai bakal calon bupati - calon wakil bupati Bandung pada Pilkada Serentak 2024.

Pasangan Sahrul-Gun Gun ini pun dinilai pengamat menjadi ancaman serius pasangan Dadang Supriatna-Ali Syakieb yang diusung PKB, Gerindra, Demokrat, Nasdem, dan PAN.

Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam mengatakan, kontestasi Pilbup Bandung akan sangat kompetitif dengan hadirnya petahana sebagai saingan.

“Kontestasi politik lima tahunan di kabupaten Bandung memang cukup menarik. Pertarungan akan berlangsung sangat seru dan kompetitif,” katanya.

Baca Juga: Sahrul Gunawan Gandeng Gun Gun Gunawan di Pilkada Kabupaten Bandung 2024, Siap Bawa Kabupaten Bandung Menawan

Menurut Arman, pertarungan seru itu akan terjadi karena dari hasil sejumlah lembaga survei, keduanya memiliki elektabilitas yang kurang lebih sama. Bahkan, dalam simulasi tertentu seperti head to head, Sahrul unggul dari Dadang Supriatna.

“IPS sendiri memang belum punya data terbaru pasca berpasangan. Tapi dugaan saya, jika dibuat simulasi head to head pasangan antara Dadang-Ali versus Sahrul-Gun Gun, tak akan banyak mengubah peta elektabilitas. Bahkan, bisa jadi, duet Sahrul- Gun Gun lebih unggul,” ungkapnya.

Dalam analisis Arman, keunggulan duet Sahrul-Gun Gun itu karena secara personal keduanya memiliki tingkat kesukaan yang tinggi. Sahrul bukan hanya populer tapi juga disukai. Ini biasanya akan menjadi modal penting publik memilih.

“Yang bahaya itu kan kalau tingkat popularitas tinggi, tapi kesukaan rendah. Sementara, Sahrul itu popularitas tinggi, kesukaan juga tinggi. Ini modal utama dia berpotensi menang," jelasnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub