Sesar Lembang: Fakta, Sejarah, dan Risiko Gempa di Kawasan Bandung Raya

Editor: Asep Yusuf Anshori
Masih Ingat Sesar Lembang di Jabar? Ini Berbagai Wilayah yang Dilewatinya, Daerahmu? Cek di Sini
Masih Ingat Sesar Lembang di Jabar? Ini Berbagai Wilayah yang Dilewatinya, Daerahmu? Cek di Sini /Antara/

BANDUNG, PRFMNEWS - Sering menjadi topik perbincangan masyarakat Jawa Barat, terutama yang tinggal di Bandung Raya, berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu Sesar Lembang.

Sesar Lembang atau Patahan Lembang merupakan sebuah patahan bumi aktif yang terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Patahan ini membentang sepanjang 29 km melewati Padalarang, Kota Cimahi, Kota Bandung, hingga Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Daftar 15 Kecamatan di Bandung yang Masuk Zona Merah Sesar Lembang

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), patahan Lembang ini diprediksi bisa mengakibatkan gempa berkekuatan 6,8 hingga 7 magnitudo.

Guncangan gempa tersebut jelas lebih besar dari pada gempa di Yogyakarta pada 2006 silam. Jika terjadi guncangan gempa hingga 6,8 Magnitude, kerugian bisa sangat besar.

Gempa akibat Sesar Lembang sendiri terakhir terjadi pada 560 tahun yang lalu.

Baca Juga: Pantau Aktivitas Sesar Lembang, BRIN Ungkap Periode Ulang Gempa hingga Dampak di Wilayah yang Dilewati

"Jadi, secara hitungan tahap siklus gempa bumi atau ulang tahun gempa bumi itu, kita (Sesar Lembang) pada fase pelepasan energi. Itu fakta dari penelitian kami. Jadi, sudah 560 tahun belum pernah terjadi gempa bumi lagi," kata peneliti BRIN, Mudrik Rahmawan Daryono, dikutip dari Pikiran Rakyat.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub