Telan Dana Fantastis, Ini Nasib 2 Flyover di Bandung Dibangun di Atas Rel KA, Ada yang Masih Ditutup

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Update kondisi pembangunan flyover Nurtanio Kota Bandung.
Update kondisi pembangunan flyover Nurtanio Kota Bandung. /BBJN PUPR/

PRFMNEWS – Ada 2 (dua) flyover di Kota Bandung yang dibangun di atas perlintasan sebidang kereta api. Lokasi dua flyover ini saling berdekatan hanya sekira 1,5 km. Pembangunan fisik salah satu flyover sudah selesai dikerjakan, namun kini masih ditutup belum dioperasikan secara resmi untuk bisa dilintasi kendaraan.

Flyover Ciroyom dan Flyover Nurtanio adalah nama dua jembatan layang di Kota Bandung yang dibangun di atas rel kereta api (KA). Flyover Ciroyom berlokasi dekat Stasiun Ciroyom, sedangkan Flyover Nurtanio berada tak jauh dari Stasiun Andir.

Bagaimana nasib dan kondisi terkini Flyover Nurtanio dan Flyover Ciroyom yang sama-sama dibangun di atas perlintasan sebidang KA dan diharapkan mampu bantu mengurai kemacetan lalu lintas pada ruas-ruas jalan di sekitarnya?

Baca Juga: Resep Sate Ayam Khas Thailand Ala Chef Willgoz Cita Rasa Street Food Thailand

Flyover atau jembatan layang Nurtanio dibangun membentang di atas perlintasan sebidang KA dekat Stasiun Andir. Saat ini Flyover Nurtanio masih dalam proses pembangunan yang melintasi tiga kelurahan di Kota Bandung yaitu Garuda, Dunguscariang, dan Husein Sastranegara.

Pembangunan flyover yang memiliki panjang 550 meter dan lebar 10 meter ini mulai dikerjakan sejak Desember 2023. Sesuai rencana awal, jembatan layang ini seharusnya dibangun mulai Agustus 2023 dan selesai pada April 2024.

Flyover Nurtanio dibangun pemerintah pusat melalui BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR yang membentang antara ruas Jalan Abdul Rahman Saleh hingga Jalan Nurtanio, yang berdekatan pula dengan Bandara Husein Sastranegara.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cafe di Cijerah Bandung, Tempatnya Cozy dan Nyaman, Nyesel Kalau Gak Mampir!

Belum lama ini, BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR mengungkap progress pembangunan fisik Flyover Nurtanio pada akhir Juli 2024.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub