Legenda Sunda 'Sasakala Sangkuriang' Bandung Terisyarat Benar Ada, Guru Besar ITB Ungkap Bukti-buktinya

Editor: Asep Yusuf Anshori
Kawah Gunung Tangkuban Perahu yang hits karena mitos Dayang Sumbi dan Sangkuriang./YouTube/ Arozaq tour Bandung
Kawah Gunung Tangkuban Perahu yang hits karena mitos Dayang Sumbi dan Sangkuriang./YouTube/ Arozaq tour Bandung /

BANDUNG, PRFMNEWS - Ditemukan artefak prasejarah di sekitar cekungan Bandung, terutama serpihan obsidian yang ditemukan di bukit-bukit dengan ketinggian lebih dari 725 meter di atas permukaan laut.

Guru Besar Emeritus Geologi Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral ITB, R.P Koesoemadinata mengatakan, temuan ini mengindikasikan adanya danau purba yang dikenal sebagai Danau Bandung, yang juga muncul dalam legenda Sunda 'Sasakala Sangkuriang'.

Menurutnya, artefak itu menunjukkan keberadaan peradaban yang telah ada sejak zaman Neolitikum hingga sekitar 300 tahun yang lalu.

Baca Juga: KAI Bagi-bagi Tiket Konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di”, Begini Cara Dapetinnya

“Temuan ini menegaskan bahwa leluhur Ki Sunda telah bekerja dalam industri logam dan perdagangan peralatan batu,” kata Koesoemadinata, dikutip PRFM News dari Humas Kota Bandung, Jumat 2 Agustus 2024.

“Menurut penelitian Van Bemmelen (1934), danau purba ini terbentuk akibat pembendungan Sungai Citarum Purba oleh aliran debu vulkanik dari letusan dahsyat Gunung Tangkuban Parahu setelah runtuhnya Gunung Sunda Purba,” katanya.

Selain itu, Koesoemadinata juga menyampaikan, penelitian terbaru menunjukkan endapan danau tertua berusia 125 ribu tahun, dengan erupsi Plinian terjadi sekitar 105 dan 55-50 ribu tahun yang lalu.

Baca Juga: Pemilihan Bupati Bandung, Pasangan Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan Resmi Diusung oleh Partai Golkar

Namun, hasil penelitian geologi modern dengan pentarikhan radiometri menunjukkan, kecil kemungkinan pemukim awal menyaksikan pembendungan danau atau lahirnya Gunung Tangkuban Parahu.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub