SMKN 5 Pangalengan jadi Tempat Pengabdian Dosen Filsafat UGM

Penulis: TIM PRFM
Editor: Indra Kurniawan
SMKN 5 Pangalengan jadi Tempat Pengabdian Dosen Filsafat UGM
SMKN 5 Pangalengan jadi Tempat Pengabdian Dosen Filsafat UGM /

PRFMNEWS - SMK Negeri 5 Pangalengan di Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diadakan oleh sejumlah dosen Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kegiatan yang berlangsung pada Senin 29 Juli 2024 ini mengangkat tema “Penguatan Nilai-Nilai Etika Bisnis pada Siswa SMKN 5 Pangalengan,” bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam serta penerapan praktis mengenai etika bisnis kepada siswa-siswa yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Tim pengabdi terdiri dari Dr. Arqom Kuswanjono sebagai ketua tim, Prof. Dr. Mukhtasar Syamsuddin, Ph.D. of Arts, Farid Mustofa, M.Hum., dan Dr. Abdul Rokhmat Sairah, M.Phil. Mereka berkomitmen untuk membantu siswa memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai etika dalam kegiatan wirausaha.

Permasalahan utama yang ingin dipecahkan dalam kegiatan ini adalah kurangnya kesadaran tentang nilai-nilai etika dalam berwirausaha.

Pendekatan yang digunakan adalah dialog dengan siswa SMKN 5 Pangalengan sebagai calon cendekiawan kewirausahaan untuk memahami dan memperkuat nilai-nilai tersebut. Diskusi dilakukan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi siswa sehingga nilai-nilai yang perlu diperkuat dapat segera dikenali dan diterapkan di lingkungan sekolah.

Manfaat yang diharapkan dari program ini antara lain, siswa menyadari arti penting nilai-nilai dalam kegiatan wirausaha, memahami proses dan dinamika dalam kegiatan wirausaha, meningkatkan kepedulian dalam mengimplementasikan nilai-nilai dalam kegiatan wirausaha, meningkatkan kualitas hidup dari aktivitas wirausaha, mampu mengungkapkan nilai-nilai yang perlu dipegang teguh dalam kegiatan wirausaha, dan memiliki kepedulian terhadap berbagai usaha dan penerapan nilai-nilai semakin meningkat.

SMKN 5 Pangalengan, yang pada tahun 2019 resmi menambah enam jurusan (Program Keahlian), kini menawarkan jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia, Agribisnis Ternak Unggas, Bisnis Tata Niaga Pemasaran, Kesehatan Hewan, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, dan Karawitan.

"Dengan tambahan jurusan ini, sekolah berusaha mempersiapkan siswa-siswanya menghadapi dunia kerja yang penuh tantangan," ujar Dr. Arqom Kuswanjono.

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah pelatihan etika bisnis bersama para siswa SMKN 5 Pangalengan. Metode ini melibatkan eksplorasi permasalahan siswa untuk mengidentifikasi nilai-nilai penting dalam kegiatan wirausaha serta peluangnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dr. Arqom Kuswanjono menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat, khususnya siswa-siswa SMKN 5 Pangalengan, akan pentingnya nilai-nilai etika dalam kegiatan wirausaha.

Halaman:

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub