Kabupaten Bandung Masuk 3 Besar Kandidat Daerah Percontohan Anti Korupsi di Jabar Versi KPK

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi gedung KPK
Ilustrasi gedung KPK /prfmnews

PRFMNEWS – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI memilih Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), sebagai calon percontohan kabupaten/kota antikorupsi.

Selain Kabupaten Bandung, ada dua daerah lain di Jabar yang dipilih KPK sebagai kandidat percontohan kabupaten/kota antikorupsi, yakni Kota Bogor dan Kabupaten Sumedang.

"Di Jawa Barat ada tiga daerah yang masuk nominasi kabupaten/kota percontohan antikorupsi yaitu Kabupaten Bandung, Kota Bogor, dan Kabupaten Sumedang,” kata Plh. Direktur Pembinaan Peran dan Masyarakat KPK RI Andhika Widiarto di Bandung, Rabu 31 Juli 2024.

Baca Juga: Soal BRT Bandung Raya, Pj Walikota Bandung: Kita Butuh Karena Bandung Macet Dimana-mana

Alasan Kabupaten Bandung masuk kandidat percontohan daerah antikorupsi, ujar Andhika, karena telah memenuhi delapan kriteria utama dan 19 indikator penilaian lain yang ditetapkan oleh KPK RI. Ketiga daerah di Jabar tersebut juga memiliki catatan baik dan komitmen tinggi dalam upaya pencegahan korupsi.

"Kriteria yang terakhir dan paling sulit, yaitu tidak adanya kepala daerah atau pejabat yang sedang dalam proses penyelidikan maupun penyidikan tindak pidana korupsi atau tindak pidana lainnya," ucapnya.

Selain telah memenuhi delapan kriteria utama, sambungnya, Kabupaten Bandung masuk nominasi karena komitmen kuat Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, serta adanya peran serta masyarakat dalam pencegahan korupsi.

Baca Juga: Layani 21 Rute, BRT Bandung Raya Akan Terintegrasi 3 Moda Transportasi Umum Lain

"Awalnya, Pemprov Jabar tidak mengusulkan Kabupaten Bandung. Yang diusulkan ternyata masih di bawah Kabupaten Bandung. Kabupaten Bandung justru hasil observasi kami (KPK) sendiri. Mudah-mudahan pilihan kami tidak salah," ungkapnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub