Kerugian di Kota Bandung Capai Rp12 Triliun Per Tahun Gara-gara Macet, BRT Bandung Raya Disiapkan Jadi Solusi

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
KENDARAAN yang menuju gerbang tol Pasteur terjebak kemacetan di turunan jalan layang Pasupati, Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.*/ANTARA
KENDARAAN yang menuju gerbang tol Pasteur terjebak kemacetan di turunan jalan layang Pasupati, Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.*/ANTARA /

PRFMNEWS - Salah satu masalah yang hingga saat ini belum terselesaikan di kota Bandung adala masalah macet. Bahkan, akibat macet di Kota Bandung ini menyebabkan kerugian ekonomi hingga Rp12 triliun.

Demikian hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Irjen Pol Risyapudin Nursin di Terminal Leuwipanjang Bandung Senin kemarin.

Untuk mengatasi masalah macet di Kota Bandung dan umumnya di wilayah Bandung Raya, pemerintah menyiapkan BRT Bandung Raya sebagai salah satu solusinya.

“Sesuai amanah Undang–Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pemerintah pusat dan daerah harus bersama–sama hadir dalam menyediakan angkutan massal bagi masyarakat. Kami berharap dengan nantinya ada BRT bisa menjadi solusi mengurai kemacetan dan mengurangi polusi udara,” jelas Risyapudin.

Baca Juga: Gara-gara Macet, Kerugian Ekonomi Kota Bandung Tembus Rp12 Triliun Per Tahun

Disebutkannya, BRT Bandung Raya yang memiliki panjang 21 KM ini akan mencakup wilayah Padalarang sampai Sumedang.

Untuk pembangunan BRT Bandung Raya ini, Risyapudin menyampaikan pengembangannya akan dilakukan dalam tiga tahap mulai 2025 hingga 2027.

Dipastikan dia bahwa BRT Bandung Raya pun akan menggunakan bus ramah lingkungan dengan energi rendah karbon yang akan memperhatikan waktu tempuh dan kepastian jadwal.

“Nantinya sistem angkutan cepat berbasis bus ini akan ramah lingkungan dan menggunakan energi rendah karbon. Waktu tempuhnya akan lebih cepat dengan jalur khusus serta adanya kepastian jadwal,” ungkapnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub