Rencana Penutupan Terminal Cicaheum, Kemenhub: Tetap Beroperasi Meski Ada BRT Bandung Raya

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Terminal Cicaheum Kota Bandung./
Terminal Cicaheum Kota Bandung./ /Antara /

PRFMNEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat) menyampaikan update rencana penutupan Terminal Tipe A Cicaheum, Kota Bandung, untuk kemudian diubah fungsi sebagai Depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hubdat Kemenhub Risyapudin Nursin mengatakan Terminal Cicaheum masih tetap akan terus dibuka melayani angkutan umum lain meski pengoperasian BRT Bandung Raya sudah mulai dilakukan.

Risyapudin juga memastikan Terminal Cicaheum masih akan tetap dibuka saat tahapan pembangunan infrastruktur BRT Bandung Raya dikerjakan di mana tahap pertama akan berlangsung mulai tahun 2025 dan ditargetkan rampung sepenuhnya pada 2027.

“Kalau (Terminal) Cicaheum tetap beroperasi, tetap beroperasi walaupun nanti ada BRT juga tetap akan kita laksanakan operasional untuk kendaraan-kendaraan lain,” kata dia di Bandung, Selasa 30 Juli 2024, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Terminal Cicaheum Jadi Depo BRT Bandung Raya, Ada 2 Koridor yang Akan Dilayani

Kendati demikian, Risyapudin belum menjelaskan rinci terkait update Informasi jenis transportasi umum apa yang tetap akan beroperasi melayani penumpang di Terminal Cicaheum usai terminal tersebut difungsikan sebagai Depo BRT Bandung Raya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membenarkan Terminal Cicaheum akan berubah fungsi menjadi Depo BRT Bandung Raya pada 2025.

"Ya, kami akan lakukan (perubahan) itu tahun depan (2025) ya," ucap Menhub di Kampus ITB Bandung, Kamis 25 Juli 2024.

Di lokasi terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengimbau agar masyarakat tidak perlu resah mengenai kabar peralihan fungsi Terminal Cicaheum menjadi Depo BRT Bandung Raya pada 2025.

Halaman:

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub