Makin Pedas! Harga Cabai Rawit di Kota Bandung Naik 90 Persen, Tembus Rp90 Ribu Per Kilogram

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rifki Abdul Fahmi
ilustrasi harga kebutuhan pokok masyarakat salah satunya cabai merah
ilustrasi harga kebutuhan pokok masyarakat salah satunya cabai merah /pixabay.com

PRFMNEWS - Harga cabai rawit dan beras di Kota Bandung melonjak hingga 90 persen. Sebelumnya harga cabai di Bandung dibanderol dengan harga Rp50 ribu per kilogram namun kini mengalami kenaikan hingga 90 persen.

Harga tersebut melonjak tinggi diakibatkan oleh pasokan dari petani berkurang yang disebabkan karena musim kemarau.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir meminta pemerintah daerah memperhatikan kenaikan harga cabai rawit, minyak goreng, dan beras.

Baca Juga: Ini Alasan RS Muhammadiyah Bandung Hentikan Layanan untuk Pasien BPJS Kesehatan

Menurutnya, diperlukan kerja sama antara kementerian/lembaga dan kerja sama antardaerah, khususnya daerah tetangga untuk saling membantu.

"Ini diperlukan kerja sama tentunya, dari Bulog dan daerah, begitu juga berkaitan dengan minyak goreng tadi, untuk bisa teman-teman di daerah mengecek distribusinya, dan untuk cabai rawit tadi berkaitan dengan penanamannya," kata Tomsi mengutip dari ANTARA.

Dia mengungkapkan daerah-daerah tertentu masih terdapat kendala berkaitan distribusi dan gerakan tanam. Kenaikan harga komoditas ini harus diatasi masing-masing daerah, terlebih cabai rawit.

Tomsi mengatakan cabai rawit bukanlah kategori komoditas yang tergolong sulit, melainkan komoditas yang mudah ditanam dan tumbuh.

Baca Juga: Sanjungan David Singleton untuk Pemain Prawira Harum Bandung yang Sudah Berjuang di IBL 2024

Halaman:

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub