Update Daftar 2 Rute BRT Bandung Raya yang Beroperasi Mulai 2025 dari Total 20 Koridor

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Kebijakan BRT Diawali dengan Penerapan Program Jumat Bebas Kendaraan oleh Pemprov Jabar di Gedung Sate Bandung
Kebijakan BRT Diawali dengan Penerapan Program Jumat Bebas Kendaraan oleh Pemprov Jabar di Gedung Sate Bandung /Dok. Antara/

PRFMNEWS – Bus Rapid Transit (BRT) sebagai calon transportasi umum massal baru di wilayah Bandung Raya direncanakan sudah mulai beroperasi secara bertahap mulai akhir tahun 2025 atau awal 2026. Terminal Tipe A Cicaheum, Kota Bandung, disiapkan jadi Depo BRT Bandung Raya yang akan mengaspal menggunakan armada bus listrik.

Daftar rute jalur yang dilewati BRT Bandung Raya menggunakan bus listrik pada awal pengoperasiannya dengan jadwal mulai akhir 2025 atau awal 2026 ditargetkan melayani 2 (dua) koridor trayek. Dua koridor ini melintasi Terminal Cicaheum sebagai depo yang oleh pemerintah bakal dilengkapi fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Sebagai tahap pertama penyiapan Terminal Cicaheum menjadi Depo BRT Bandung Raya yang akan melayani dua rute awal dari rancangan total 20 koridor, pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menutup Terminal Cicaheum dari operasional bus antar kota baik AKAP dan AKDP pada 2025.

Baca Juga: KCIC Ungkap Jadwal Exit Tol KM 149 Gedebage Kembali Dibuka Dukung Aksesibilitas Stasiun Tegalluar

“Terminal Cicaheum sudah disiapkan masuk dalam bagian sistem angkutan massal BRT Bandung Raya. Secara fungsi, terminal ini tetap beroperasi sebagai simpul transportasi, namun bus yang akan beroperasi di Terminal Cicaheum hanya bus perkotaan saja,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar Asep Koswara, dalam keterangan tertulis di Instagram @dishubjabar, dikutip prfmnews.id Minggu 25 Juli 2024.

Koswara menyebutkan dua koridor awal layanan BRT Bandung Raya yang akan memiliki rute melintasi Terminal Cicaheum dan ditargetkan sudah mulai beroperasi melayani masyarakat umum mulai 2025. Dua koridor ini yakni Koridor BRT 01 yang bakal melayani rute Cibiru - Kebon Kalapa dan Koridor BRT 18 rute Cicaheum - Sarijadi.

Layanan BRT Bandung Raya tersebut akan mulai mengaspal mengangkut masyarakat setelah dipastikan semua infrastruktur dan sistem pendukung operasional layanan angkutan umum massal dengan jalur khusus tersebut selesai dibangun yang ditargetkan membutuhkan waktu pengerjaan sekira 1 sampai 2 tahun ke depan.

Baca Juga: BRT Bandung Raya Beroperasi 2026, Bagaimana Nasib Angkot di Kota Bandung? Begini Jawaban Pemkot

“Khusus untuk Koridor BRT 01 akan menjadi satu dari dua koridor perintis yang akan dioperasikan akhir tahun 2025,” ungkap Koswara.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub