Siap Coba? Ini Daftar Rute BRT Bandung Raya Akan Beroperasi Usai Terminal Cicaheum Jadi Depo Bus Listrik

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi BRT Bandung Raya
Ilustrasi BRT Bandung Raya /prfmnews.id

PRFMNEWS – Transportasi umum massal Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya ditargetkan sudah mulai beroperasi pada akhir tahun 2025 atau awal 2026. Terminal Tipe A Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, disiapkan jadi Depo BRT Bandung Raya yang akan mengaspal menggunakan armada bus listrik.

Daftar rute BRT Bandung Raya menggunakan bus listrik pada awal pengoperasiannya ditargetkan melayani dua koridor trayek. Dua koridor BRT Bandung Raya ini akan melintasi Terminal Cicaheum sebagai depo yang bakal dilengkapi fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menutup Terminal Cicaheum dari operasional bus antar kota baik AKAP dan AKDP pada 2025 untuk kemudian dipindahkan ke Terminal Tipe A Leuwipanjang, Kota Bandung, sebagai tahap awal penyiapan Terminal Cicaheum sebagai Depo BRT Bandung Raya.

Baca Juga: BRT Bandung Raya Beroperasi 2026, Bagaimana Nasib Angkot di Kota Bandung? Begini Jawaban Pemkot

“Terminal Cicaheum sudah disiapkan masuk dalam bagian sistem angkutan massal BRT Bandung Raya. Secara fungsi, terminal ini tetap beroperasi sebagai simpul transportasi, namun bus yang akan beroperasi di Terminal Cicaheum hanya bus perkotaan saja,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar Asep Koswara.

Koswara lanjut menyebutkan 2 (dua) koridor layanan BRT Bandung Raya yang akan memiliki rute melintasi Terminal Cicaheum dan ditargetkan melayani penumpang mulai 2026. Dua koridor ini yakni Koridor BRT 01 yang bakal melayani rute Cibiru - Kebon Kalapa dan Koridor BRT 18 rute Cicaheum - Sarijadi.

Layanan BRT Bandung Raya tersebut akan mulai mengaspal mengangkut masyarakat setelah dipastikan semua infrastruktur dan sistem pendukung operasional layanan angkutan umum massal dengan jalur khusus tersebut rampung dibangun sekira 1 sampai 2 tahun ke depan.

Baca Juga: Daftar Rute BRT Bandung Raya yang Akan Beroperasi Mulai Tahun 2026, Lewat Mana Saja?

“Khusus untuk Koridor BRT 01 akan menjadi satu dari dua koridor perintis yang akan dioperasikan akhir tahun 2025,” ungkap Koswara.

Halaman:

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub