Siap Revitalisasi, Kemenhub Siapkan Terminal Cicaheum Sebagai Hub Angkutan Umum di Bandung Raya

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Kondisi terminal Cicaheum Kota Bandung Jumat, 15 Desember 2023.
Kondisi terminal Cicaheum Kota Bandung Jumat, 15 Desember 2023. /prfmnews/Tommy Riyadi

PRFMNEWS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengubah fungsi Terminal Tipe A Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), sebagai salah satu Depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya yang akan beroperasi menggunakan bus listrik. Bahkan sesuai rencana besar, Terminal Cicaheum akan direvitalisasi untuk dijadikan hub atau pusat layanan berbagai transportasi umum massal di Bandung Raya.

Rencana revitalisasi Terminal Cicaheum untuk meningkatkan pelayanan para pengguna transportasi umum termasuk bus antar kota antar provinsi (AKAP), antar kota dalam provinsi (AKDP) hingga BRT Bandung Raya sebenarnya sudah digaungkan Kemenhub sejak awal tahun 2024. Namun realisasinya menunggu serah terima aset terminal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ke Kemenhub.

“Kita lihat kondisi Terminal Cicaheum Bandung saat ini kurang representatif. Oleh karenanya, saya minta kepada Pemda Jabar untuk menyerahkan aset (Terminal Cicaheum) kepada Kementerian Perhubungan agar kami segera merencanakan. Insyaallah, akhir tahun ini atau tahun depan akan membangun sama baiknya dengan Terminal Leuwipanjang,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Bandung, Minggu 4 Februari 2024.

Baca Juga: FOTO-FOTO Pencarian Carsidi yang Tenggelam di Sungai Cimanuk

Menhub mengungkap pula pemerintah mendapat bantuan dana dari World Bank untuk meningkatkan kualitas infrastruktur transportasi di sejumlah kota termasuk Bandung dan Medan, Sumatera Utara.

“Dengan adanya bantuan tersebut, kita memiliki ruang fiskal yang memadai. Kita juga akan mendapatkan bantuan 462 armada bus listrik dari World Bank,” tambahnya.

Menteri Budi Karya juga menuturkan, dengan adanya program revitalisasi Terminal Cicaheum, paling tidak nantinya akan ada 20 rute BRT menggunakan bus listrik yang melintas di wilayah Bandung Raya.

Baca Juga: Atasi Macet, Kemenhub Dukung Kehadiran Transportasi Umum Khusus Rute Puncak Bogor

“Ini tentu akan mengurangi tingkat kemacetan di Kota Bandung,” sebutnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub