Alasan Penutupan Terminal Cicaheum di 2025 yang Berimbas Layanan Bus Antar Kota Pindah Lokasi

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Petugas Dishub Kota Bandung saat lakukan uji laik bus atau ramp check di Terminal Cicaheum kota Bandung Rabu, 3 April 2024
Petugas Dishub Kota Bandung saat lakukan uji laik bus atau ramp check di Terminal Cicaheum kota Bandung Rabu, 3 April 2024 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Terminal Bus Tipe A Cicaheum, Kota Bandung, akan ditutup untuk tidak lagi melayani naik turun penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) mulai tahun 2025. Rencana penutupan Terminal Cicaheum ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) A. Koswara.

Alasan Terminal Cicaheum bakal ditutup bagi layanan bus AKAP pada 2025, kata Koswara, karena akan dijadikan Depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya. Kehadiran BRT jadi salah satu upaya pemerintah pusat dan daerah guna membenahi sistem transportasi umum di wilayah Bandung Raya.

"Selain Terminal Cicaheum ada beberapa lagi lokasi yang dijadikan depo dan terminal untuk angkutan massal," ujar Koswara saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Selasa 23 Juli 2024.

Baca Juga: Terminal Cicaheum Kota Bandung Beralih Fungsi, Penumpag Bus Antar Kota Dipindahkan ke Terminal Leuwipanjang

Dia menjelaskan saat BRT Bandung Raya sudah resmi beroperasi, maka fungsi Terminal Cicaheum masih akan dibuka khusus layanan angkutan dalam kota. Sementara lokasi layanan bus AKAP akan dipindah ke Terminal Bus Tipe A Leuwipanjang, Kota Bandung.

Kondisi terminal Cicaheum Kota Bandung Jumat, 15 Desember 2023.
Kondisi terminal Cicaheum Kota Bandung Jumat, 15 Desember 2023. Tommy Riyadi/prfmnews

"Jadi tetap untuk bus, cuma nanti hanya untuk angkutan perkotaan. Untuk angkutan antar kota dipindah ke Leuwipanjang," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Bus Cicaheum Roni Hermanto yang membenarkan akan ada perubahan fungsi terminal yang menjadi salah satu ikon sinetron “Preman Pensiun” itu untuk menjadi Depo BRT Bandung Raya belum bisa memastikan kapan rencana tersebut terealisasi.

Baca Juga: Tyronne del Pino Mengaku Senang Bisa Kembali Berseragam Persib dan Siap Maksimalkan Turnamen Pramusim

Halaman:

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub