Banyak Manfaat, Hasil Buruan Sae Kelurahan Merdeka Suplai Resto dan Supermarket di Kota Bandung

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Buruan Sae di Kelurahan Merdeka.
Buruan Sae di Kelurahan Merdeka. /bandung.go.id/

PRFMNEWS – Hasil bercocok tanam melalui Buruan Sae yang merupakan salah satu program unggulan di Kota Bandung kini sudah tembus untuk dipasarkan ke restoran hingga supermarket. Keberhasilan ini buah dari ketekunan warga Kelurahan Merdeka, Kota Bandung.

Hasil panen Buruan Sae berupa berbagai jenis sayuran dan buah dari lahan terbatas di wilayah Kelurahan Merdeka ini tidak hanya bisa dikonsumsi langsung para warganya, namun juga bisa dijual untuk menyuplai kebutuhan komoditas pangan tersebut di sejumlah restoran dan supermarket.

Sejumlah resto dan supermarket di Kota Bandung ini mendapat pasokan sayur-sayuran dan buah-buahan hasil panen Buruan Sae Griya Hijau Hidroponik yang dilakukan para warga Kelurahan Merdeka. Sehingga kegiatan ini menjadi ladang bisnis baru bagi mereka.

"Di sini tanaman sayuran hingga buah, hasil panennya sudah menyuplai ke supermarket hingga rumah makan. Seperti Hypermart, Wong Solo dan Justus," tutur Lurah Merdeka, Tri Priyanto Manunggal.

Baca Juga: Teknis Pelaksanaan Uji Coba Makan Siang Gratis di 6 Sekolah Kota Bandung, Pakai Bahan Hasil Buruan Sae

Tri menambahkan, selain untuk bisnis, kehadiran Buruan Sae juga bermanfaat sebagai media edukasi bagi para pelajar untuk meningkatkan ilmu mereka.

"Kawasan ini juga bisa menularkan ilmu ke pelajar. Jadi Buruan Sae digunakan untuk memberikan ilmu kepada mahasiswa yang sedang magang atau penelitian," tuturnya.

Tak hanya itu, Buruan Sae dimanfaatkan pula oleh para pensiunan untuk belajar. Pasalnya mereka yang ingin mengisi masa tuanya berminat untuk bercocok tanam melalui program ini.

"Pensiunan pun minat pada kegiatan ini. Ada pelatihannya, jadi tidak hanya segi ekonomi saja, juga ada edukasi," ungkap dia.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub