Daftar 15 Kecamatan di Bandung yang Masuk Zona Merah Sesar Lembang

Penulis: Rian Firmansyah
Editor: Tim PRFM News
Masih Ingat Sesar Lembang di Jabar? Ini Berbagai Wilayah yang Dilewatinya, Daerahmu? Cek di Sini
Masih Ingat Sesar Lembang di Jabar? Ini Berbagai Wilayah yang Dilewatinya, Daerahmu? Cek di Sini /Antara/

BANDUNG, PRFMNEWS - Berikut daftar 15 kecamatan di Bandung Raya yang masuk ke dalam zona merah Sesar Lembang. Warga Bandung Raya saat ini mesti mewaspadai pergerakan Sesar Lembang.

Patahan aktif tersebut memilliki jalur yang sangat panjang hingga 29 KM. Jalur Sesar Lembang membentang jauh, melewati Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, hingga Jatinangor Sumedang.

Beberapa kecamatan di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat bahkan masuk zona merah Sesar Lembang. Setidaknya ada 15 kecamatan yang tersebar di Bandung Raya masuk dalam zona merah tersebut.

Baca Juga: Rans Simba Bogor Paksa Prawira Harum Bandung Jalani Gim 3 Play-off IBL 2024

Sebelumnya penting kita ketahui bahwa Sesar Lembang menjadi ancaman nyata yang bisa sebabkan gempa berskala besar di Bandung dan sekitarnya. Para peneliti memperingatkan risiko bahaya jika Sesar Lembang kembali bergerak.

Bahkan jika gempa akibat guncangan Sesar Lembang terjadi, kerugian materil bisa mencapai puluhan triliun rupiah.

Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Mudrik Rahmawan Daryono memetakan bahaya dibalik Sesar Lembang, jika patahan ini kembali aktif dan sebabkan guncangan gempa.

Melansir ANTARA Senin 15 Juli 2024, Mudrik mengatakan patahan aktif yang membentang hampir mencapai 30 km ini bisa menyebabkan gempa bumi sebesar 6,5 magnitude. Guncangan gempa tersebut lebih besar dari pada gempa di Yogyakarta pada 2006 silam.

Baca Juga: Joe Biden Tepis Penembakan Donald Trump Merupakan Upaya Pembunuhan

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub