Bebas Pungli, Aplikasi Simpelman Permudah Layanan Jemput Jenazah-Pemakaman di Kota Bandung Secara Gratis

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Petugas pemakaman Dinas Cipta Bintar Kota Bandung.
Petugas pemakaman Dinas Cipta Bintar Kota Bandung. /Dinas Cipta Bintar Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki aplikasi Simpelman (Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman) untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan pemakaman kepada masyarakat. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim IT yang kompeten sesuai rekomendasi Diskominfo.

Melalui berbagai fitur unggulan di Simpelman, warga Kota Bandung akan lebih mudah mendapat pelayanan mulai dari jemput dan antar jenazah hingga proses pemakaman yang bebas biaya alias gratis. Kehadiran aplikasi ini diharapkan mampu memberantas praktik pungutan liar (pungli) layanan pemakaman.

Sejumlah fitur layanan tersedia di aplikasi Simpelman yang dapat diakses secara online melalui website: https://diciptabintar.bandung.go.id/simpelman, antara lain:

Baca Juga: Pemkot Bandung Kejar Target Perluasan Ruang Terbuka Hijau hingga 30 Persen

1. Layanan Pemakaman Baru
2. Layanan Pemakaman Tumpang
3. Layanan Pembongkaran Makam (Pembongkaran makam yang akan dipindahkan).
4. Layanan Pengantaran Jenazah (Pengantaran jenazah dari rumah sakit menuju rumah duka kemudian ke TPU).

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Diciptabintar) Bambang Suhari menyebut dengan aplikasi Simpelman proses peminjaman ambulans atau mobil jenazah juga menjadi lebih mudah. Penggunaan kartu makam juga tidak lagi perlu diperlukan warga Kota Bandung.

“Kini tak perlu lagi cetak kartu makam karena semua data pemakaman tersimpan dalam satu database yang mudah diakses yaitu di Simpelman,” kata Bambang di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rancacili, Kota Bandung, Rabu 10 Juli 2024.

Ia menambahkan, kini warga Kota Bandung juga tidak perlu lagi datang ke TPU untuk mendaftar pemakaman. Kemudahan juga dihadirkan pihaknya untuk meminjam ambulans mobil jenazah. Saat ini tersedia 7 ambulans terdiri dari 4 Innova dan 3 Hiace.

Baca Juga: Kesaksian Penumpang Bus Primajasa yang Terlibat Kecelakaan Beruntun di Jalan Tol Cipularang

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub