Pemkot Bandung Ungkap Update Rencana Pembukaan Exit Tol KM 149 Gedebage Usai Ditinjau Pemerintah Pusat

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Pemerintah Pusat Tinjau Exit Tol KM 149 dan 151 Gedebage Bandung
Pemerintah Pusat Tinjau Exit Tol KM 149 dan 151 Gedebage Bandung /Dok. Humas Jabar

PRFMNEWS – Pembukaan kembali Exit Tol KM 149 Jalan Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi), Gedebage, Kota Bandung dinilai sudah sangat mendesak. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mendorong salah satu akses keluar masuk Gedebage itu bisa segera dioperasikan kembali.

Update rencana jadwal pembukaan kembali Exit Tol KM 149 Gedebage baru-baru ini disampaikan Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, usai adanya peninjauan langsung oleh tim pemerintah pusat ke lokasi Gerbang Tol KM 149 Padaleunyi.

Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan bahwa perbaikan struktur flyover atau jembatan layang akses ke Gerbang Tol (GT) KM 149 Gedebage masih dalam proses pengerjaan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: Update Perbaikan Exit Tol KM 149 yang Ditargetkan Rampung pada Desember 2024

Ia mengatakan target perbaikan konstruksi flyover akses ke Exit Tol KM 149 Gedebage oleh Kementerian PUPR akan selesai pada bulan Desember 2024.

Setelah itu, akan dilakukan uji beban guna memastikan kondisi jembatan aman dilintasi kendaraan, dan barulah jika sudah dinyatakan aman, pintu tol tersebut akan kembali dioperasikan oleh Jasa Marga.

“Sementara pengoperasian kembali Exit Tol KM 149 akan dilakukan setelah uji pembebanan,” kata Bambang dalam keterangan tertulis di akun Instagram Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, dikutip prfmnews.id pada Jumat 5 Juli 2024.

Baca Juga: Exit Tol KM 149 Gedebage Dibuka Lagi Usai Selesai Perbaikan dan Uji Beban, Kapan?

Bambang memastikan Pemkot Bandung bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mendorong percepatan kembali dibukanya akses keluar masuk kawasan Gedebage di ruas Jalan Tol Padaleunyi itu.

Mengingat pengoperasian kembali GT KM 149 akan sangat berpengaruh mengurai kemacetan kawasan Bandung timur khususnya Gedebage yang kini memiliki sejumlah pusat keramaian, antara lain Stadion GBLA, Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, dan Stasiun Whoosh Tegalluar.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub