Kang Arfi Ternyata Punya Garis Keturunan dengan Pendiri Kota Bandung R.A Wiranatakusumah II

- 11 Juni 2024, 16:27 WIB
Bakal calon wali kota Bandung Arfi Rafnialdi saat berziarah ke Makam Dalemkaum, Kota Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024.
Bakal calon wali kota Bandung Arfi Rafnialdi saat berziarah ke Makam Dalemkaum, Kota Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024. /

PRFMNEWS - Hari ini Selasa, 11 Juni 2024, bakal calon wali kota Bandung Arfi Rafnialdi berziarah ke Makam Dalemkaum, Kota Bandung. Dalam kesempatan itu Arfi tidak hanya berziarah ke makam kakek neneknya, tapi juga berziarah ke makam pendiri Bandung R.A Wiranatakusumah II.

Berdasarkan keterangan perwakilan keluarga R.A Wiranatakusumah II, Robby Maulana Zulkarnain, ternyata Kang Arfi memiliki garis keturunan punya ikatan saudara dengan keluarga R.A Wiranatakusumah II.

"Jadi ini makam pendiri Bandung Wiranatakusumah II. Saya mendampingi Kang Arfi karena ternyata sama-sama satu keturunan. Kang Arfi dari Prawiradilaga saya dari Wiranatakusumah," ucap Robby.

Robby menuturkan, ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang telah berjuang untuk Kota Bandung.

Baca Juga: Kang Arfi Terima Surat Tugas Sebagai Bakal Calon Wali Kota Bandung dari Partai Demokrat

"Jadi hari ini kami berziarah minta izin dan karomah. Apalagi Kang Arfi berniat memimpin Kota Bandung jadi jangan melupakan sejarah. Dalam istilah sunda kuno disebut Hana nguni hana mangke, tan hana nguni tan hana mangke. Artinya, ada dahulu ada sekarang, tak ada dahulu tak ada pula sekarang. Jadi tak perlu diragukan lagi asal-usul Kang Arfi," ucap Robby.

Sementara itu, Kang Arfi mengaku sering berziarah ke makam Dalemkaum karena keberadaan makam kakek neneknya dari garis ibu yakni R.d Didi Tarmidi Bin Soeradiredja dan Hj R.d Retnawiadi Bin Ramli Prawiradilaga.

Menurut dia, berziarah ke makam para leluhur Kota Bandung selalu membawa semangat baru dalam upaya membuat kualitas hidup masyarakat lebih baik.

Bakal calon wali kota Bandung Arfi Rafnialdi saat berziarah ke Makam Dalemkaum, Kota Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024
Bakal calon wali kota Bandung Arfi Rafnialdi saat berziarah ke Makam Dalemkaum, Kota Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah