BBPOM di Bandung Gelar FKP dalam Upaya Wujudkan Komitmen Berikan Pelayanan Publik Terbaik

- 11 Juni 2024, 15:20 WIB
Forum Konsultasi Publik (FKP) BBPOM di Bandung yang digelar di  Hotel Holiday Inn Pasteur, Kota Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024.
Forum Konsultasi Publik (FKP) BBPOM di Bandung yang digelar di Hotel Holiday Inn Pasteur, Kota Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024. /

PRFMNEWS - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung (BBPOM di Bandung) terus berupaya memberikan pelayanan publik yang mudah, transparan, dan profesional sesuai dengan dengan amanat Undang-Undang nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Salah satu upaya itu diwujudkan dengan selalu beradaptasi dalam melakukan penyesuaian terhadap Standar Pelayanan (SP) yang menjadi acuan bagi BBPOM di Bandung dalam memberikan layanan publik.

Dalam penyusunan SP ini, BBPOM di Bandung mengikutsertakan masyarakat, pelaku usaha, instansi, media, dan stakeholder lainnya selaku pengguna layanan dengan melaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang pada tahun ini digelar di Hotel Holiday Inn Pasteur, Kota Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024.

FKP ini dihadiri oleh sekitar 30 undangan yang merupakan perwakilan dari sejumlah instansi pemerintah, asosiasi, perguruan tinggi, organisasi sipil masyarakat, media, dan pelaku usaha.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BBPOM di Bandung Drs. I Made Bagus Gerametta, Apt. Dalam sambutanny dia menyebutkan bahwa predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) yang didapat di tahun 2021 memacu BBPOM di Bandung untuk melakukan pembangunan menuju Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Bebas Melayani (WBBM).

“Tujuannya bukan sekedar penghargaan, tetapi implementasi dan semangat dari predikat yang diraih agar semakin memacu kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik dengan integritas dan komitmen tinggi kepada pelanggan dan Masyarakat,” ungkapnya.

BBPOM di Bandung menghadirkan dua narasumber dalam kegiatan FKP ini yang berasal dari kalangan eksternal dan internal, yakni Asisten Pemeriksaan Laporan Masyarakat dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Balgis, S.H.Int dan Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya dari BBPOM di Bandung Dra. Rera Rachmawati, Apt.

Pada kesempatan pertama, Balgis menyampaikan materi dengan tema Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Guna Pelayanan Publik Prima. Dalam paparannya, pemenuhan SP bertujuan agar terwujudnya hubungan yang jelas antara pihak yang terlibat dalam pelayanan publik, terwujudnya pelayanan publik sesuai dengan asas pemerintahan yang baik, serta terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi Masyarakat.

Rera Rachmawati dalam paparannya menyampaikan terkait Rancangan Standar Pelayanan Publik BBPOM di Bandung yang memenuhi sesuai dengan standar pelayanan, yang memenuhi 6 komponen penyampaian layanan (service delivery), dan 8 komponen pengelolaan pelayanan (manufacturing). Rancangan SP yang telah disampaikan ditanggapi dan diberi masukan dari stakeholder dan tamu undangan yang datang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah