Tanpa Petugas, Bayar PBB dan Pajak Kendaraan di Bandung Kini Cukup 5 Menit, Praktis Bebas Antre

- 11 Juni 2024, 10:30 WIB
Pj walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono
Pj walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono /

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan kemudahan dan kecepatan pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Para wajib pajak cukup memanfaatkan layanan digital sehingga dapat bertransaksi tanpa perlu bantuan petugas langsung.

Sosialisasi kemudahan membayar PBB dan PKB bagi wajib pajak melalui inovasi digital disosialisasikan Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, saat peluncuran program ‘Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bandung Sebagai Panutan Pembayaran Pajak Daerah’ di Plaza Balai Kota Bandung, Senin 10 Juni 2024.

Bambang menerangkan untuk mempermudah bayar PBB, Pemkot Bandung telah meluncurkan aplikasi mobile Sistem Pelayanan PBB Kota Bandung atau Teman PBB. Melalui aplikasi terbaru ini, waktu pembayaran PBB hanya butuh sekira 5 menit saja.

"Tadi kita sosialisasikan bagaimana membayar PBB yang sangat amat mudah. Tadi diujicobakan, tidak kurang dan tidak lebih dari 5 menit sudah bisa terbayar. Artinya mudah sekali," kata Bambang.

Baca Juga: Bulan Sadar Pajak, Bapenda Jabar Sebut Jadwal Buka Kantor Samsat Ditambah Jadi Senin-Minggu

Sementara guna mempermudah transaksi Pajak Kendaraan Bermotor, Bambang menyebut, dapat dilakukan melalui Anjungan Samsat Digital Mandiri yang juga telah diluncurkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat (Jabar) yang sudah ada sejak Desember 2023. Inovasi digital ini juga turut disosialisasikan Bambang.

"Kita juga menyosialisasikan kepada seluruh ASN Kota Bandung bagaimana kita bayar pajak kendaraan bermotor dan mudah sekali sangat amat mudah sebetulnya," ujarnya.

"Tadi diujicobakan itu tidak kurang tidak lebih dari 5 menit barangkali ya, dan itu tidak perlu lagi balik lagi ke Samsat. Artinya one gate service langsung semuanya," imbuh dia.

Melalui kehadiran inovasi kemudahan pelayanan pajak tersebut, ujar Bambang, ASN Pemkot Bandung harus menjadi pionir dan pelopor dalam mengajak masyarakat Kota Bandung untuk semakin taat membayar pajak.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah