Kota Bandung dan Perempuan Calon Kepala Daerah

Penulis: TIM PRFM
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024.
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. /prfmnews

PRFMNEWS - Jelang Pilkada Serentak 2024, beberapa nama mulai bermunculan yang digadang-gadang cocok menjadi wali kota Bandung. Dari banyaknya nama calon pemimpin kota Bandung yang muncul, beberapa di antaranya adalah sosok perempuan.

Kota Bandung memang tak pernah habis mencetak tokoh-tokoh berpengaruh, tak terkecuali sosok calon pemimpin. di Kota Bandung, isu kepemimpinan perempuan menjadi sangat strategis mengingat munculnya banyak calon kepala daerah dari kelompok perempuan.

Kepemimpinan perempuan di Jawa Barat dan Kota Bandung memiliki sejarah panjang sejak munculnya tokoh perjuangan seperti Raden Dewi Sartika, dan lainnya.

Kini, jelang Pilkada Serentak 2024, sebut saja Siti Muntamah atau yang akrab disapa Ummi Oded, Atalia Praratya Kamil istri Ridwan Kamil, Nurul Arifin, hingga Yena Iskandar Ma'soem masuk dalam bursa calon pemimpin kota Bandung.

Pengamat politik yang juga Director Centre for Political Analysis Strategic Indonesia Nana Rukmana memberikan pandangannya terkait kepemimpinan perempuan.

Baca Juga: Istri Ridwan Kamil Masih Unggul dalam Survei Calon Wali Kota Bandung

"Makam Cut Nyak Dien di Sumedang sangat terpelihara karena beliau selain pahlawan juga sebagai tokoh perempuan pergerakan melawan kolonialisme yang sangat dihormati di Aceh. Sedangkan di Kota Bandung ada pula Sekolah Kautamaan Istri yang merupakan warisan dari Raden Dewi Sartika," katanya.

Terkait munculnya sosok perempuan maju sebagi calon wali kota Bandung, Nana pun tak mempermasalah itu karena kandidat tersebut memiliki kualitas yang mumpuni.

"Kita lihat bagaimana Ummi Oded sering terjun ke masyarakat, lalu Atalia yang kuat dengan Jabar Bergeraknya, Nurul Arifin dengan anak mudanya. Lalu sekarang ada lagi calon perempuan lainnya yaitu Yena Iskandar Ma'soem yang merupakan penggiat dunia kesehatan sekaligus entepreneur yang sukses," katanya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub