Wabup Bandung Minta Semua Pihak Jalankan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

- 1 Oktober 2020, 09:10 WIB
Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan saat ditemui setelah upacara peringatan hari kesaktian pancasila 1 Oktober 2020 di Lapang Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung.
Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan saat ditemui setelah upacara peringatan hari kesaktian pancasila 1 Oktober 2020 di Lapang Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung. /BUDI SATRIA

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggelar upacara peringatan hari kesaktian pancasila 1 Oktober 2020 di Lapang Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung. Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan menyatakan, pancasila sebagai ideologi bangsa bukan hanya untuk dihapal saja. Menurutnya perlu ada kesadaran dari semua elemen masyarakat untuk menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

"Tentunya untuk menghayati dan memahami dan juga mengamalkan pancasila ini bukan saja diketahui oleh barudak jaman baheula, tapi anak jaman sekarang juga harus tahu pancasila, bagaimana pembuatannya, perumusannya, sampai apa yang terjadi," kata Gun Gun saat ditemui selepas upacara.

Baca Juga: Ada Klaster Pesantren di Jawa Barat, Ini Tindakan dari Pemprov Jabar

Upacara peringatan hari kesaktian pancasila, kata Gun Gun, jangan hanya menjadi sermoni saja. Menurutnya perlu juga memahami dan menghayati serta mengamalkan nilai-nilai yang ada pada pancasila.

Pancasila, kata Gun Gun, memiliki nilai-nilai yang luhur dan bisa mempersatukan Indonesia yang kaya akan aneka ragam suku dan budaya. Oleh karena itu pancasila harus menjadi alat pemersatu bangsa.

Baca Juga: Harus Bersedia Jalani Tes Swab, Ini Jadwal dan Persyaratan untuk Jadi Pengawas TPS di Pilbup Bandung

"Di saat ini di saat yang sangat berharga, anak-anak muda sekarang dan kedepannya bisa lagi memahami, mengenal, dan memaknai bagimana pentingnya pancasila untuk kehidupan berbangsa dan bernegara," tegasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x