Larangan Selama Masa Tenang Pemilu 2024, Pemkot Bandung Ajak Warga Dukung dengan Lakukan 7 Hal ini

- 12 Februari 2024, 16:00 WIB
Penertiban APK oleh Satpol PP Kota Bandung pada 18 Januari 2024.
Penertiban APK oleh Satpol PP Kota Bandung pada 18 Januari 2024. /Satpol PP Kota Bandung/

BANDUNG, PRFMNEWS – KPU RI telah menetapkan periode masa tenang jelang Pemilu 2024 berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Februari.

Kemudian tepat pada Rabu 14 Februari 2024, pencoblosan surat suara akan berlangsung di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sejumlah larangan selama masa tenang jelang Pemilu 2024 berlangsung pada 11 – 13 Februari, wajib dipatuhi berbagai pihak. Mengingat masa tenang adalah periode di mana tidak boleh ada kegiatan atau aktivitas kampanye Pemilu.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung turut mengingatkan ada beberapa kegiatan dilarang dilakukan masyarakat selama masa tenang. Larangan ini sesuai Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum dan Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Baca Juga: Sudah Berlaku! Simak Larangan dan Sanksi Selama Masa Tenang Pemilu 2024

Hal-hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan selama masa tenang jelang hari H pencoblosan Pemilu 2024 antara lain:

• Pelaksana, peserta, dan tim kampanye dilarang menjanjikan imbalan agar memilih calon presiden/DPR/DPRD/DPD atau parpol tertentu, atau untuk golput. Setiap pelaksana, peserta, dan/atau tim kampanye Pemilu yang dengan sengaja pada masa tenang menjanjikan atau memberikan imbalan uang/materi lainnya kepada pemilih secara langsung ataupun tidak langsung terancam hukuman pidana penjara paling lama 4 tahun dan denda paling banyak Rp48 juta.

• Media massa, media sosial, lembaga penyiaran dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, atau bentuk lainnya yang mengarah kepada kepentingan kampanye Pemilu yang menguntungkan atau merugikan peserta Pemilu.

• Lembaga survei dilarang melakukan survei kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x