Bandung Akan Punya Tol Dalam Kota, Kendaraan Keluar GT Pasteur Langsung ke Flyover Pasupati

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi tol dalam Kota Bandung. Selain Tol Getaci ada 4 tol di Jawa Barat yang akan dilelang pada tahun 2024.
Ilustrasi tol dalam Kota Bandung. Selain Tol Getaci ada 4 tol di Jawa Barat yang akan dilelang pada tahun 2024. /SkyScraper City

PRFMNEWS – Kementerian PUPR berencana membangun Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR). Kehadiran jalan tol ini diharapkan mampu menekan masalah kemacetan lalu lintas di ruas-ruas jalan Kota Bandung.

Rute Jalan Tol Dalam Kota Bandung ini akan melintasi kawasan Gedebage. Sehingga setelah BIUTR ini berfungsi, diharapkan bisa bantu mengurai kemacetan di kawasan yang masuk wilayah Bandung Timur itu.

Lintasan BIUTR direncanakan dibangun sepanjang 27,30 kilometer (km) dengan rute dari Exit Tol Pasteur melewati Flyover Pasupati, berlanjut ke kawasan Gedebage bahkan diproyeksikan mencapai kawasan Cileunyi.

Baca Juga: Kemacetan Gedebage Makin Parah, Anggota DPRD Kota Bandung Minta Pemerintah Terapkan 2 Solusi ini

Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung direncanakan terdiri dari dua tahap, tahap 1 sepanjang 8,6 km dengan rute Pasteur-Gasibu dan Gedebage-Soekarno Hatta, kemudian tahap 2 sepanjang 18,7 km yakni Gasibu-Cileunyi dan Ujung Berung-Soekarno Hatta yang rencananya akan berupa jalan layang (elevated) selebar 36 meter.

Keberadaan BIUTR nantinya diharapkan mampu meningkatkan kelancaran akses di kawasan Bandung Timur dan Barat, yakni mulai dari Pasteur-Cileunyi-Ujung Berung sampai Gedebage yang sering mengalami kemacetan panjang.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menyatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan kembali mendorong realisasi proyek BIUTR ke Kementerian PUPR, mengingat kemacetan di jalanan Kota Kembang sudah semakin parah termasuk di kawasan Gedebage setelah semakin banyaknya pusat keramaian hadir di sana.

Baca Juga: Pembangunan Tol Getaci Dimulai dari Gedebage, Benarkah Akan jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia?

“Dulu sudah ada namanya program BIUTR yang menghubungkan antara Gedebage sampai ke Pasteur. Itu seinget saya masih eranya (Wali Kota Bandung) Pak Dada Rosada, tapi ternyata alhamdulillah sampai sekarang ini kan tidak berprogres walaupun itu memang proyek pusat, daya dukungnya saya dengar dulu itu dari JICA (Japan International Cooperation Agency),” ujar Ema Sumarna saat talkshow di Radio 107.5 PRFM News Channel belum lama ini.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub