Bandung Masih Berkutat dengan Kemacetan, Pengamat: Harusnya Ada Progress Penyelesaian

- 24 September 2020, 12:48 WIB
Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Jakarta imbas pembangunan Flyover Jl. Jakarta-Supratman, Sabtu (25/7/2020). *Instagram @yolan.apriliani11
Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Jakarta imbas pembangunan Flyover Jl. Jakarta-Supratman, Sabtu (25/7/2020). *Instagram @yolan.apriliani11 /

PRFMNEWS - Kemacetan masih menjadi persoalan yang belum juga terselesaikan di kota Bandung. Di usianya yang menginjak 210 tahun, kota Bandung masih saja berkutat dengan persoalan kemacetan.

Direktur Eksekutif Politics Reserch and Consultaning (IPRC), Firman Manan mengatakan, pada tahun lalu pihaknya pernah membuat studi terkait satu tahun kepemimpinan Oded-Yana, ternyata selain persoalan lingkungan, persoalan kemacetan paling banyak dikeluhkan warga Bandung. Meski tak melakukan survei di tahun ini, Firman menilai jika persoalan lingkungan, macet, hingga lapangan kerja masih menjadi 'PR' bagi Oded dan Yana yang kini menjabat wali kota dan wakil wali kota.

"Kalau kita lihat hari ini memang relatif itu yang masih menjadi isu publik prioritas, apalagi hari ini tantangannya lebih besar karena tentu kita sedang dihadapkan dengan pandemi covid-19, sehingga tantangannya semakin besar," ungkap Firman saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 24 September 2020.

Baca Juga: Coba Pasang Ini Agar Dinding di Rumah Anda Terlihat Kece dan Tidak Membosankan

Meski di tengah pandemi covid-19, masalah kemacetan khususnya, dan masalah lainnya masih banyak diperbincangkan publik karena dinilai belum ada solusi. Oleh karena itu perlu dipertanyakan juga langkah dari Pemkot Bandung di bawah kendali Oded-Yana terkait persoalan ini.

"Secara umum kalau saya lihat memang relatif sama problem atau isu publik prioritas tahun lalu masih saja muncul tahun ini. Artinya ini juga jadi pertanyaan besar terkait kinerja pemerintah kota Bandung untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan publik tentang apa yang dikerjakan selama dua tahun," ungkapnya.

Baca Juga: 150 Ribu UMKM Kota Bandung Diusulkan Dapat Bantuan Subsidi Modal Produktif

Diakui Firman, kemacetan memang kerap menjadi persoalan pelik di kota-kota besar di dunia. Namun, banyak kota-kota besar tersebut bisa menyelesaikan masalah kemacetan itu dengan berbagai cara, salah satunya dengan pembenahan sistem transportasi publik.

Selain itu, lanjutnya, penanganan masalah kemacetan ini pun tak bisa dilakukan secara instan. Pasalnya, perlu banyak perubahan yang harus dilakukan di banyak sektor untuk membenahi kemacetan ini.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x