Terminal Leuwipanjang Baru Berkonsep Mixed Use Akan Diresmikan Presiden Jokowi Sabtu Besok

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jumat 2 Februari 2024
Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jumat 2 Februari 2024 /Dok Kementerian Perhubungan

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan meresmikan Terminal Tipe A Leuwipanjang baru dengan konsep mixed use pada Sabtu, 3 Februari 2024 besok. Jelang peresmian usai dilakukan revitalisasi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung ke Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jumat 2 Februari 2024.

Dalam tinjauannya, Menhub mengecek sejumlah fasilitas di Terminal Leuwipanjang Bandung yang semakin modern dan kekinian seperti area tunggu penumpang, area bus, fasilitas mesin tiket, papan informasi, hingga area UMKM dan kantor Samsat yang berada di dalam gedung terminal.

"Saya senang di sini fasilitas dipergunakan dengan baik, minimal ada sekitar 2000 penumpang yang datang dan pergi dari Leuwipanjang per harinya," ujar Menhub.

Baca Juga: Jokowi Datang ke Bandung Besok, Ada Agenda Peresmian Terminal dan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Masyarakat

Seperti revitalisasi yang dilakukan di sejumlah terminal lain, Terminal Leuwipanjang Bandung juga mengusung konsep mixed use. Yaitu sebuah konsep terminal modern multifungsi dengan tiga fungsi utama meliputi: fungsi sebagai tempat naik turun penumpang bus, penggerak perekonomian daerah, serta pusat kegiatan sosial, seni dan budaya.

Wajah baru terminal Leuwipanjang Kota Bandung.
Wajah baru terminal Leuwipanjang Kota Bandung. Dok Kemenhub

Contohnya Terminal Leuwipanjang menyediakan layanan kantor Samsat terpadu digital yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Layanan ini merupakan kerja sama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Barat dengan Polri.

Tak hanya itu, di Terminal Leuwipanjang kini telah tersedia bus listrik yang akan dioperasikan melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menhub mengatakan, revitalisasi terminal hingga penyediaan kendaraan listrik merupakan inisiatif Presiden Jokowi untuk mendorong penggunaan angkutan massal.

Baca Juga: FOTO-FOTO Situasi Terkini Pembangunan Flover Ciroyom

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub