ITB Investigasi Kasus Mahasiswa Meninggal dalam Kecelakaan Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

- 8 Juni 2023, 20:00 WIB
Mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Rasyid Ghifary, meninggal dunia pada Selasa, 6 Juni 2023 dalam peristiwa kecelakaan uji coba pesawat tanpa awak
Mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Rasyid Ghifary, meninggal dunia pada Selasa, 6 Juni 2023 dalam peristiwa kecelakaan uji coba pesawat tanpa awak /Instagram @hmm_itb

PRFMNEWS - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan investigasi atas kasus mahasiswa bernama Muhammad Rasyid Ghifary yang meninggal dunia dalam peristiwa kecelakaan saat uji coba pesawat nirawak (UAV).

Rasyid meninggal dalam kecelakaan uji coba pesawat tanpa awak di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sulaiman, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Selasa 6 Juni 2023 lalu.

Kepala Biro Humas ITB Naomi Haswanto menjelaskan, investigasi itu dilakukan oleh tim dosen pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Aksantara dan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD).

Baca Juga: Pemprov Jabar Buka Pendaftaran Seleksi PNS Berprestasi Berhadiah Uang hingga Kenaikan Pangkat

Aksantara sendiri merupakan UKM yang bergerak di bidang robotika terbang.

"Rektor ITB beserta jajaran mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga Fary (Ghifary) yang juga merupakan alumnus ITB dan kepada keluarga besar FTMD atas berpulangnya Fary," ujar Naomi.

Lebih lanjut Naomi menjelaskan, uji coba pesawat nirawak oleh Ghifary bersama teman-temannya di UKM Aksantara di Lanud Sulaiman itu merupakan salah satu bagian dari persiapan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI).

Kecelakaan tersebut bermula saat Tim Aksantara bersama Ghifary sedang mempersiapkan alat pelontar untuk melakukan uji terbang wahana.

Baca Juga: Kota Bandung Dapat Penghargaan Kawasan Tanpa Rokok dari Kementerian Kesehatan

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x