Kolam Retensi Baru akan Dibangun di Kelurahan Babakan Kota Bandung

- 7 Juni 2023, 18:40 WIB
Kolam retensi baru akan dibangun di Kelurahan Babakan.
Kolam retensi baru akan dibangun di Kelurahan Babakan. /Diskominfo Bandung


PRFMNEWS - Kolam retensi baru akan segera dibangun di wilayah Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung dalam rangka upaya penanggulangan banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, dibangunnya kolam retensi tersebut akan memberikan dampak yang signifikan dalam mengurangi banjir di wilayah tersebut.

"Saya yakin kolam retensi itu akan memberikan dampak yang signifikan, jadi air akan tertahan," kata Ema saat meninjau titik banjir di Perumahan Dian Permai RW 12 Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay, Rabu 7 Juni 2023.

Baca Juga: Jalan Sekeloa Rusak Parah Imbas Banjir

Terkait lahannya, Ema menyebut, Pemkot akan mengecek terlebih dahulu karena ada lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang telah diserahterimakan kepada pemerintah daerah.

"Kita akan cek dan Ciptabintar akan membuat desain untuk kolam retensi," imbuhnya.

Rencana pembangunan kolam retensi ini juga berdasarkan aspirasi dari masyarakat.

Baca Juga: Rumah Pompa Diyakini Pemkot Bandung Bisa Mengatasi Banjir di Leuwipanjang

"Kuncinya ada di masyarakat, untuk berembuk apabila setuju untuk dibangun kolam retensi kita akan segera bekerja melakukan pengerukan sesuai desain," ungkapnya.

Selain itu, Pemkot juga akan meninggikan tanggul sungai Cilimus setinggi setengah meter untuk memperlancar aliran air.

Dalam tinjauannya, Ema mendapati terjadi penyempitan sungai yang diakibatkan oleh bangunan liar yang dibangun di badan sungai.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Diduga Sebabkan Banjir, Warga Rancasari Lapor DPRD Kota Bandung

Untuk itu, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mendirikan bangunan di sepanjang sungai yang dapat menjadikan banjir.

"Kami mengimbau masyarakat tidak membangun bangunan liar di sepanjang badan sungai dan menutupi bak kontrol. Ini banyak yang sudah dipermanenkan. Kita bangun kesadaran masyarakat," ujarnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x