Nggak Disangka, Arti Nama Cicaheum Ternyata Bukan Mulut Air, Begini Asal Usul Sejarahnya

- 7 Juni 2023, 15:00 WIB
Cicaheum Bandung juga terkenal karena Terminal Cicaheum.
Cicaheum Bandung juga terkenal karena Terminal Cicaheum. /Tommy Riyadi/PRFM


PRFMNEWS – Cicaheum, tentu terdengar tak asing bagi pendatang luar Kota Bandung yang kerap memanfaatkan layanan terminal bus di Jalan Jenderal Ahmad Yani dengan nama tersebut.

Tapi, tahukah kamu asal usul dan arti nama Cicaheum yang disematkan pada salah satu kelurahan di Kota Bandung ini?

Penjelasan asal usul nama (toponimi) dan arti Cicaheum dijelaskan melalui salah satu unggahan di akun Instagram Disbudpar Kota Bandung belum lama ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Asal Usul dan Kisah di Balik Penamaan Kiaracondong, Kamu Sudah Tahu?

Jika diartikan secara harfiah dalam Bahasa Sunda, Cicaheum berasal dari dua kata yakni “Ci” atau “Cai” berarti Air dan “Caheum” artinya Mulut.

Namun dalam unggahan itu dijelaskan ternyata asal usul atau sejarah penamaan Cicaheum tidak berkaitan dengan arti secara harfiah tersebut.

"Nggak ada keterangan yang menjelaskan kalau penamaan Cicaheum berasal dari dua kata tersebut," demikian penjelasan di unggahan Disbudpar Kota Bandung, 31 Mei 2023.

Baca Juga: Sejarah dan Asal Usul Nama Cendol Elizabeth Kota Bandung, 'Si Hijau' yang Diserbu Setiap Bulan Puasa

Merujuk keterangan yang didapatkan Disbudpar dari Buku Toponimi Kota Bandung karya T. Bachtiar, Etti R.S., Anto Sumiarto & Tedi Permadi disebutkan bahwa asal usul nama Cicaheum diserap dari dua kata yang cukup berbeda.

Kata tersebut adalah, “Ci” atau “Cai” yang masih sama yakni berarti Air dan “Cauheun” atau “Sauheun” yang ternyata merupakan sebuah tumbuhan rerumputan dengan nama latin Panicum repens.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x