Jelang Pemilu 2024, Jumlah DPS di Kota Bandung Meningkat dari Jumlah DPS 2019

- 26 Mei 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi pemilu.
Ilustrasi pemilu. /prfmnews

PRFMNEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung sudah mulai melakukan pendataan daftar pemilih sementara (DPS) utuk kepentingan Pemilu 2024 dan Pilwalkot 2024 dan diketahui ada peningkatan jumlah DPS di kota Bandung.

Data tersebut merupakan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP). Pada Pemilu 2019 lalu, daftar pemilih di Kota Bandung berkisar di angka 1.743.000 orang. Jumlah tersebut kini meningkat menjadi sekitar 1.879.000 orang.

“Saat ini kami sedang menjalankan tahapan pemutakhiran pemilih. Seperti diketahui, ada peningkatan DPS HP dibandingkan dengan Pemilu 2019,” ujar Suharti.

Baca Juga: Bikin Heboh, Penemuan Biawak Besar di Sebrang Kantor KPU Kota Bandung Siang Ini

Karena sedang dalam tahap pemuktahiran, masyarakat diimbau aktif dan responsif melaporkan jika ada individu atau anggota keluarga yang belum terdaftar menjadi DPS.

Adapun cara melapornya bisa mengecek di situs cekdptonline.kpu.go.id. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor paspor. Jika nama tidak ditemukan maka bisa langsung memberikan tanggapan.

“Ketika nama muncul, berarti kita sudah aman, sudah terdata sebagai pemilih. Tetapi apabila nama kita belum ada, silakan berikan tanggapan di link tersebut, atau berikan tanggapan pada petugas kami di PPS (Kelurahan), PPK (Kecamatan) atau melalui kami di KPU Kota Bandung,” tuturnya.

Baca Juga: Menjelang Pemilu 2024, Kota Bandung Dapat Pujian dari DPR RI

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x