Kunjungi RSP Unpad, Terawan Pastikan Kesiapan Ruang Uji Klinis Vaksin Covid-19

- 10 Agustus 2020, 16:06 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto (duduk) mengecek kesiapan penyuntikan vaksin uji klinis Covid-19 fase III di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eijkman No. 38, Bandung, Senin 10 Agustus 2020.
Menkes Terawan Agus Putranto (duduk) mengecek kesiapan penyuntikan vaksin uji klinis Covid-19 fase III di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eijkman No. 38, Bandung, Senin 10 Agustus 2020. /Dok Unpad.

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan atau Menkes Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Jalan Eijkman No. 38, Kota Bandung, Senin 10 Agustus 2020.

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan ruang uji klinis vaksin Covid-19 fase III yang akan perdana dilaksanakan pada Selasa 11 Agustus 2020.

Kunjungan Menkes Terawan didampingi langsung Rektor Unpad Rina Indiastuti, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad Setiawan, serta ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Kusnandi Rusmil.

Baca Juga: Update 10 Agustus, Konfirmasi Covid-19 di Indonesia Mencapai 127.083 Kasus

Terawan juga memastikan proses perdana penyuntikan vaksin ke sejumlah subyek atau relawan berjalan dengan baik. Ini disebabkan, Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan meninjau langsung hari pertama proses uji vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad.

“Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan. Mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” ujarnya saat meninjau ruang uji klinis vaksin Covid-19.

Terkait proses penyuntikan vaksin asal Sinovach, Tiongkok, tersebut, Dekan FK Unpad Setiawan memastikan bahwa ruang uji vaksin yang berada di lantai 2 gedung RSP Unpad sudah dilakukan sterilisasi.

Selain itu, Setiawan juga memastikan kondisi kesehatan para tenaga kesehatan maupun subyek uji klinis besok. Semua tenaga kesehatan dan pendaftar, kata Setiawan, sudah dilakukan tes PCR. Mereka yang hasilnya negatif bisa mengikuti uji klinis perdana vaksin Covid-19 pada Selasa 11 Agustus 2020.

Baca Juga: Para Korban Kecelakaan Maut di Tol Cipali Dievakuasi ke RS Mitra Plumbon dan Arjawinangun

“Catatannya, uji klinis ini sebetulnya relatif aman karena seluruh petugas dan subyek dites dulu. Jadi semuanya negatif. Jadi kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal,” imbuhnya.

Ditemui usai mendampingi Menkes Terawan, Rektor Unpad Rina Indiastuti menjelaskan, proses uji klinis vaksin Covid-19 kerja sama Unpad dengan Bio Farma ini merupakan aktivitas strategis. Uji klinis ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Karena itu, Pak Menkes ingin memastikan apakah penyuntikan perdana itu akan bisa berjalan baik. Beliau juga melihat bagaimana kapasitas Unpad untuk bisa mengerjakan riset dan inovasi lainnya,” terangnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x