21 dari 40 Pegawai Gedung Sate yang Positif Covid-19 adalah Warga Kota Bandung

- 7 Agustus 2020, 14:53 WIB
ILUSTRASI Covid-19
ILUSTRASI Covid-19 /.*/ Dok. PRFM News

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan 21 dari 40 karyawan Gedung Sate yang terkonfirmasi positif Covid-19, merupakan warga Kota Bandung.

Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung baru mendapat informasi resmi dari Dinkes Provinsi Jawa Barat pada Rabu 5 Agustus 2020.

"Tanggal 5 sore ke Dinkes (informasi resminya). 21 penduduk Kota Bandung itu 11 orang (menjalani) isolasi di BPSDM, 10 orang mandiri, semua tanpa gejala," ujar Ahyani, saat dihubungi pada Jumat 7 Agustus 2020.

Baca Juga: Lembur Tohaga Lodaya Lingkar Selatan Bandung Sediakan Warnet Gratis Bagi Siswa untuk PJJ

Meski begitu, ada satu orang yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Bandung, tapi lebih sering tinggal di Kota Cimahi.

Dinkes Kota Bandung, kata dia, sudah melakukan penelusuran terhadap keluarga atau kontak erat dengan 21 warga Kota Bandung yang positif Covid-19.

Adapun hasilnya, kata Ahyani, masih dalam proses. Namun yang pasti, saat ini semuanya sudah menjalani isolasi mandiri.

"Pelacakan di domisili oleh Puskesmas sesuai wilayah kerja, kalau pelacakan di kantor oleh Dinkes Provinsi," jelasnya.

Baca Juga: Mengaku Belum Pernah Kenal Hadi Pranoto Sebelumnya, Begini Awal Mula Anji dan Hadi Pranoto Bertemu

Sebelumnya, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat sekaligus Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan 40 pegawai Gedung Sate terkonfirmasi positif Covid-19 melalui uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Temuan 40 kasus positif itu didapat dari tes yang digelar Gugus Tugas Jabar di Gedung Sate pada 27-29 Juli 2020, terhadap PNS, non-PNS, dan para karyawan lain, mulai dari petugas kebersihan hingga keamanan.

Berdasarkan sebaran tempat tinggal, Setiawan berujar bahwa mayoritas dari 40 kasus positif ini tinggal di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan daerah lain di Jawa Barat.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x