BPBD Cimahi Mulai Lakukan Koordinasi Dengan Banyak Pihak untuk Antisipasi Kekeringan

- 4 Agustus 2020, 12:10 WIB
Ilustrasi Kekeringan.*
Ilustrasi Kekeringan.* /PRFM

PRFMNEWS - Wilayah Bandung Raya secara umum disebut telah memasuki awal musim kemarau. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi mulai melakukan beberapa persiapan untuk menghadapi bencana yang kerap terjadi di musim kemarau.

Kepala Pelaksana BPBD Cimahi Asep Bahtiar mengatakan, pada musim kemarau biasanya terjadi bencana kekeringan di beberapa titik di kota Cimahi. Oleh karena itu kini pihaknya mulai berkoordinasi dengan beberapa pejabat terkait.

"Kami saat ini melakukan koordinasi intens terkait mengantisipasi musim kemarau yang diperkirakan dalam beberapa bulan ke depan," kata Asep saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 4 Agustus 2020.

Baca Juga: Oded Minta Pengelola Bandara Husein Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Selain dengan pejabat kewilayahan, komunikasi dilakuakan juga dengan lintas sektor, salah satunya dengan pemadam kebakaran. Hal ini dilakukan karena biasanya potensi kebakaran meningkat di musim kemarau.

Asep sebut, pada 2019 silam, di kota Cimahi terdapat 10 titik yang terdampak kekeringan. 10 titik ini tersebar di 10 kelurahan yang ada di kota Cimahi.

"Di Cimahi utara tahun kemarin itu di kelurahan Cibabat, keluarahan Pasir kaliki, dan Cipageran. Di Cimahi tengahnya itu kelurahan Cimahi, kelurahan Cigugur Tengah, dan Kelurahan Setiamanah. Dan terakhir kecamatan Cimahi Selatan kelurahan Cibeber, kelurahan Leuwigajah, dan kelurahan Utama," sebutnya.

Baca Juga: Orang yang Tenggelam di Waduk Jatilihur Pada Sabtu Lalu Akhirnya Ditemukan dan Dievakuasi Tim SAR

Nantinya, 10 titik ini akan menjadi prioritas pada kemarau tahun ini. Jika kekeringan terjadi, maka pihaknya sudah siap mendistribusikan bantuan air bersih karena saat ini sudah mulai ada koordinasi dengan UPT Air Bersih untuk pengadaan air untuk keperluan musim kemarau.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x