Pandangan MUI Soal Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar

- 28 Maret 2023, 14:31 WIB
Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung./Biro Adpim Jabar
Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung./Biro Adpim Jabar /


PRFMNEWS – Museum bernama Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Senin, 27 Maret 2023.

Kehadiran Galeri Rasulullah SAW yang berada di lantai bawah Masjid Raya Al Jabbar ini turut disoroti oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar.

Ketua MUI Jabar, Rahmat Syafe'i mengatakan, kehadiran Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar bukan saja sebagai sarana wisata religi, tetapi juga sebagai sarana pendidikan.

Baca Juga: Museum Masjid Al Jabbar Dibuka 27 Maret 2023, Ini Jadwal Kunjungan Saat Ramadhan

"Yang harus kita petik dari sejarah itu bukan catatan peristiwanya saja, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah edukasi. Nah saya kira dari galeri ini, edukasi tersebut sangat jelas bisa kita dapatkan" tutur Rahmat, Senin 27 Maret 2023.

Menurutnya, banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan peradaban Islam mulai zaman Rasulullah hingga saat ini khususnya di Jawa Barat.

“Kehadiran Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar menambah sarana pendidikan yang informatif bagi masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Gratis! Galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar Resmi Dibuka untuk Umum

Sementara itu, kurator Galeri Rasulullah SAW Masjid Raya Al Jabbar dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung Ija Suntana menyampaikan, pengerjaan konten di dalam galeri ini dilakukan begitu detail.

Ija menjelaskan, pihak pengada yakni Sembilan Matahari rutin berkonsultasi selama pengerjaan konten digital di dalamnya termasuk dalam hal keterangan bahasa, tata letak, diorama yang sangat detail dibuat hingga kata per kata begitu diperhatikan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x