Forum Bandung Sehat Teken Kerja Sama dengan bank bjb untuk Akselerasi ODF 100 Persen

- 24 Maret 2023, 18:00 WIB
FBS dan bank bjb teken kerja sama untuk akselerasi ODF 100 persen
FBS dan bank bjb teken kerja sama untuk akselerasi ODF 100 persen /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Forum Bandung Sehat (FBS) melakukan kerja sama dengan PT bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bjb) untuk mengakselerasi Open Defecation Free (ODF) 100 persen.

Sebagai informasi, program ODF 100 persen ini merupakan program yang dijalankan agar tidak ada lagi warga di Kota Bandung yang buang air besar (BAB) sembarangan.

Ketua Umum FBS Kota Bandung Yunimar Mulyana mengungkapkan, kerja sama dengan bank bjb ini sebagai upaya untuk mewujudkan Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis.

Baca Juga: Biaya Pemakaman di Kota Bandung Tahun 2023

Derajat kesehatan suatu wilayah salah satunya dapat dilihat dari kondisi lingkungan yang dicirikan oleh capaian sanitasi dasar," kata Yunimar di Balai Kota Bandung, Jumat 24 Maret 2023.

Dikatakan Yunimar, ODF merupakan salah satu indikator sanitasi dasar, yakni tidak ada lagi orang yang buang air besar sembarangan di tempat terbuka.

"Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah penyebaran penyakit yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia," kata Yunimar.

Yunimar memaparkan, pada Februari 2023, Kota Bandung sudah melakukan deklarasi ODF 100 persen. Kendati demikian, masih banyak tantangan yang dihadapi dalam pemenuhan ODF 100 persen seperti lahan terbatas hingga ekonomi.

Baca Juga: Hati-hati, Jalan Cingised Terendam Banjir Sore Ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x