Selain Banjir, BPBD Catat Sejumlah Wilayah di Kabupaten Bandung Alami Tanah Longsor

- 23 Maret 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi longsor di Kabupaten Bandung ketika terjadi banjir
Ilustrasi longsor di Kabupaten Bandung ketika terjadi banjir /PRFM

PRFMNEWS – Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung akibat hujan deras sejak Rabu malam, 22 Maret 2023 hingga hari ini, Kamis 23 Maret 2023.

BPBD Kabupaten Bandung menyampaikan penyebab banjir di sejumlah daerah pada Rabu malam hingga Kamis pagi akibat meluapnya aliran Sungai Citarum.

"Hujan deras yang mengguyur sejak Rabu malam sampai Kamis pagi, menyebabkan Sungai Citarum dan beberapa anak sungai meluap di wilayah Kabupaten Bandung, hingga menyebabkan banjir, longsor, dan rumah roboh," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Masyarakat Bakal Dilarang Berjualan di Jalan Ibrahim Adjie Garut

Uka memaparkan banjir terjadi di Desa Buninagara dan Desa Cilame Serang Kecamatan Kutawaringin, di Komplek Cingcin Permata Indah dan Warung Lobak (ketinggian air 20-160 cm), di Kecamatan Bojongsoang (ketinggian air di Cijagra 30-40 cm dan di Tegalluar 20-30 cm).

Kemudian di Desa Tanggulun Kecamatan Ibun (ketinggian air 20-40 cm), Kampung Kaum Kecamatan Dayeuhkolot, Desa Rancamulya Kecamatan Pameungpeuk (120 cm), Desa Soreang Kecamatan Soreang (10-80 cm), Kecamatan Majalaya (40-100 cm), Kecamatan Baleendah (20 cm), serta Desa Pananjung Kecamatan Cangkuang.

Uka menambahkan kondisi banjir hingga Kamis sore di wilayah Soreang termasuk Komplek Cingcin Permata Indah (CPI) telah surut dan tinggal pembersihan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Puasa Ramadhan 2023, Syarat Sah, Syarat Wajib, Niat hingga Hal yang Membatalkan

Sedangkan pada Kamis sore, lanjutnya, masih terpantau genangan banjir di kawasan Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x