Kepala Distan Kabupaten Bandung Anjurkan Warga Potong Hewan Kurban di RPH

- 31 Juli 2020, 09:56 WIB
Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung Tisna Umaran saat meninjau pemotongan hewan kurban di RPH Baleendah, Jumat 31 Juli 2020.*
Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung Tisna Umaran saat meninjau pemotongan hewan kurban di RPH Baleendah, Jumat 31 Juli 2020.* /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distan) Kabupaten Bandung Tisna Umaran menganjurkan warga untuk memotong hewan kurban di 8 rumah pemotongan hewan (RPH) yang tersebar di Kabupaten Bandung.

Hal itu didorong lantaran RPH menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

"Kita anjurkan (potong hewan kurban) di 8 RPH, salahsatunya di Baleendah ini," kata Tisna saat ditemui di RPH Baleendah, Jumat 31 Juli 2020.

Baca Juga: Lakukan Pemeriksaan, Distan Kabupaten Bandung Sebut 18.225 Hewan Layak Dikurbankan

Namun, jika pemotongan hewan kurban terpaksa dilakukan di lingkungan masyarakat, perlu adanya penerapan protokol kesehatan.

Dia mengatakan warga mesti sadar untuk mengutamakan protokol kesehatan.

"Perlu kesadaran dari penyelenggara, DKM, RT/RW, dan lapisan masyarakat akan pentingnya jaga jarak, pakai masker, dan penyemprotan desinfektan," katanya.

Karena Hari Raya Idul Adha kali ini jatuh pada hari Jumat, dia meminta warga untuk tidak sekaligus melakukan pemotongan hari ini. Hal itu bertujuan agar tidak ada kerumunan.

"Jangan paksakan potong hari ini, besok Sabtu, Minggu dan Senin juga masih bisa, masih afdal," katanya.

Baca Juga: Mau Lihat Pelaksanaan Salat Idul Adha Langsung dari Mekah? Ini Link Streamingnya

Lebih lanjut dia juga mengimbau warga untuk menggunakan bahan ramah lingkungan sebagai wadah daging kurban. Entah itu memakai plastik organik, daun ataupun besek.

"Saya kira ini (menggunakan besek) harus terus kita dorong, karena di lapangan masyarakat ada yang belum paham," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x