Iduladha di Tengah Covid-19, Dadang Naser: Jadikan Momentum Untuk Berbagi dengan Sesama

- 31 Juli 2020, 08:38 WIB
Bupati Bandung Dadang M. Naser melaksanakan salat Iduladha di Dome Bale Rame Soreang, Kabupaten Bandung pada Jumat 31 Juli 2020.*
Bupati Bandung Dadang M. Naser melaksanakan salat Iduladha di Dome Bale Rame Soreang, Kabupaten Bandung pada Jumat 31 Juli 2020.* /BUDI SATRIA/PRFM

 

PRFMNEWS - Bupati Bandung Dadang M. Naser melaksanakan salat Iduladha di Dome Bale Rame Soreang, Kabupaten Bandung pada Jumat 31 Juli 2020.

Pelaksanaan ibadah salat ied kali ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dadang mengatakan, Hari Raya Iduladha ini semestinya menjadi momentum bagi kita untuk senantiasa berbagai dengan sesama, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor ekonomi.

"Kita harus maknai Iduladha ini pengorbanan leluhur kita Nabi Ibrahim, kita pahami bahwa ini adalah ibadah yang berdampak pada Habluminallah, yaitu iman kepada Allah, dan Habluminannas bagaimana kita berbagi dengan sesama," kata Dadang.

Baca Juga: Jadwal Siaran RCTI Jumat 31 Juli 2020, Ada Petualangan Nobita di Dunia, hingga Anak Jalanan

Pada momen Idul Kurban ini, dia mengajak warga untuk meningkatkan kepedulian dan berbagi dengan sesama.

"Ada saudara kita yang terdampak Covid-19, mereka kehilangan pekerjaan, berdampak pada pendidikan dan kesehatan. Mari kita eratkan persatuan dan kesatuan kita untuk saling berbagi," katanya.

Selain itu, dia juga meminta calon jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini untuk bertawakal kepada Allah. Menurutnya, makna Iduladha tidak berkurang walaupun ibadah haji dibatasi.

"Ini tidak mengurangi makna Idul Kurban, mari kita kuatkan iman dan takwa. Jadikan hikmah Idul Kurban ini untuk menjaga kesehatan, supaya imun kita kuat," katanya.

Baca Juga: Kabareskrim Sebut Penangkapan Djoko Tjandra Instruksi Langsung Presiden Jokowi

Lebih lanjut dia menturkan, pada Iduladha tahun ini tidak ada pemotongan hewan kurban yang biasanya dilakukan di halaman Masjid Al Fathu. Kali ini pemotongan hewan kurban dari Pemkab Bandung dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Dia mengatakan, Pemkab Bandung menggratiskan biaya pemotongan hewan kurban di RPH. Bagi warga yang akan memotong hewan kurban bisa dilakukan di RPH.

"Ada 7 RPH, itu gratis bagi yang ingin dipotong di sana," katanya.

Untuk warga yang memotong hewan kurban di lingkungannya sendiri, dia mengimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Bagi yang sedang flu batuk mohon maaf tidak diperkenankan untuk ikut memotong daging kurban. Awas, jangan ada antrean dalam pembagiannya. Hewan kurban harus dibagikan ke rumah masing-masing," tandasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x