Sampai Kapan Aktivitas Offroad di Ranca Upas Dilarang? Ini Kata Perhutani

- 14 Maret 2023, 15:26 WIB
Alam Ranca Upas rusak akibat event motor trail pada 5 Maret lalu
Alam Ranca Upas rusak akibat event motor trail pada 5 Maret lalu /Instagram /


PRFMNEWS – Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten melarang segala aktivitas offroad di area hutan termasuk kawasan wisata Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kegiatan offroad dilarang di area hutan Jawa Barat diterapkan Perhutani usai event motor trail di kawasan wisata Ranca Upas Bandung merusak alam sekitar lokasi tersebut.

Event motor trail di Ranca Upas Ciwidey ini salah satunya merusak tanaman langka, yakni Bunga Edelweis Rawa yang sejauh ini dibudidayakan oleh petani lokal, Mang Uprit.

Baca Juga: Hari ini, Perhutani Lakukan Penanaman 5.000 Bibit Tanaman di Ranca Upas Bandung

Lantas, apakah area hutan Jabar termasuk di Ranca Upas Bandung akan ditutup selamanya untuk kegiatan motor dan mobil offroad?

Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Barat dan Banten Asep Dedi Mulyadi menyampaikan, sejauh ini pihaknya masih melarang seluruh area hutan di Jabar digunakan untuk semua event offroad.

Asep menegaskan saat ini pihaknya tengah fokus berupaya menghijaukan kembali kawasan alam Ranca Upas yang rusak akibat event motor trail pada 5 Maret 2023 lalu.

Baca Juga: Diungkap Perhutani, Wisata Ranca Upas Bandung Dibuka Lagi Hari ini Usai Ditutup Pasca Event Trail

Upaya penghijauan kawasan wisata Ranca Upas, tambah Asep, dilakukan dengan menggiatkan penanaman bibit tanaman di area tersebut termasuk yang dilakukan pada Selasa, 14 Maret 2023.

“Salah satu langkah yang ditempuh adalah kegiatan penanaman 5.000 bibit tanaman yang akan dilakukan pada Selasa, 14 Maret 2023,” ucap Asep dalam keterangan tertulisnya, Senin 13 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x