Kota Bandung Mulai Terapkan Penggunaan IKD Demi Kemudahan Warga

- 7 Maret 2023, 09:00 WIB
Digital ID atau IKD.
Digital ID atau IKD. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Demi menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan, Pemerintah kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung mulai menerapkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) secara bertahap di Kota Bandung.

Guna mengakselerasi penerapan IKD ini, Disdukcapil Kota Bandung menggelar Forum Komunikasi Publik (FKP) pada Senin 6 Maret 2023 yang turut dihadiri Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Yana memastikan infrastruktur Kota Bandung siap mendukung penerapan IKD ini. Apalagi tujuan program ini untuk memudahkan masyarakat mendapat layanan publik.

Baca Juga: 25 Persen Penduduk Indonesia Ditargetkan Gunakan IKD di Tahun ini

"Meski tidak wajib, tapi infrastruktur di Kota Bandung relatif lebih siap. Masyarakat Kota Bandung juga sudah terbiasa digitalisasi. Maka ini tentunya akan mempermudah pelayanan," ungkap Yana.

Yana mengungkapkan, IKD bisa menjadi alternatif bagi warga Kota Bandung untuk semakin mudah mengakses pelayanan dan memperoleh bantuan pemerintah.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Erikson P. Manihuruk mengatakan, sementara ini IKD ini bisa diakses menggunakan digital dan manual.

Baca Juga: 25 Persen Penduduk Indonesia Ditargetkan Gunakan IKD di Tahun ini

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x