Seribu Warga Bandung Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Pemkot Harap Tak Ada Dampak Buruk

- 21 Juli 2020, 12:35 WIB
Wakil Ketua Gugus Tugas sekaligus Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota, Jumat 10 Juli 2020.*
Wakil Ketua Gugus Tugas sekaligus Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota, Jumat 10 Juli 2020.* /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS - Tim riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) bersama Bio Farma, dan Sinovach Biotech, siap melakukan uji klinis terhadap vaksin virus corona (Covid-19) asal China. Rencananya, lebih dari seribu relawan akan ikut dalam uji coba vaksin tersebut di Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut baik wacana ini. Dia berharap uji klinis vaksin ini menghasilkan hal yang baik.

"Ya pemerintah kota berharap vaksin ini betul-betul bisa efektif, karena saya sebagai penyintas berharap vaksin ini valid atau benar-benar teruji secara klinis dan memang itu bisa efektif" kata Yana di Balai Kota Bandung, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Kota Bandung Masuk Zona Oranye, DPRD Minta Warga Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Diharapkan Yana pandemi bisa lebih cepat selesai jika memang vaksin itu sudah ditemukan dan diproduksi secara massal.

Lebih dari seribu warga kota Bandung akan menjadi relawan dalam uji klinis vaksin ini. Yana berharap uji klinis ini tak memberikan dampak buruk bagi para warga yang jadi relawan tersebut.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Jika Indonesia Peringkat 3 Dunia dalam Kasus TBC dan Harus Segera Diselesaikan

"Jangan sampai uji klinis ini ada dampak, dan ini kami agak khawatir. Tapi mudah-mudahan karena kita punya bio farma bisa mengecek vaksin ini layak atau tidak, dan mudah-mudahan dilakukan dulu bio farma sebelum dilakukan kepada warga kota Bandung," tegasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x