Jumlah Kendaraan di Bandung Sama dengan Jumlah Warga, Pengamat: Benahi Transportasi Umum

- 15 Februari 2023, 08:20 WIB
Kemacetan di Jalan Ciwastra Rabu, 27 Juli 2022.
Kemacetan di Jalan Ciwastra Rabu, 27 Juli 2022. /Twitter @Farsan21288496

PRFMNEWS - Pengamat Transportasi dari ITB Sony Sulaksono menyoroti data Dinas Perhubungan (Dishub) yang menyebut jumlah kendaraan di Kota Bandung nyaris sama dengan total penduduk sehingga memperparah tingkat kemacetan jalanan di Kota Kembang.

Pengamat transportasi ITB itu menyatakan, jika Pemkot Bandung tidak segera memaksimalkan solusi kemacetan padahal fakta di lapangan tersebut semakin nyata, maka Kota Bandung berpotensi kolaps.

Sony mengungkap bahwa upaya mengatasi kemacetan yang bisa diterapkan Pemkot Bandung yaitu dengan memaksimalkan pembenahan transportasi umum.

Selanjutnya, setelah dipastikan transportasi publik aman dan nyaman, Pemkot Bandung perlu membuat gerakan sangat massif untuk bisa meyakinkan masyarakat beralih ke angkutan umum ini.

Baca Juga: Dishub: Jumlah Kendaraan Nyaris Sama dengan Penduduk Kota Bandung, Dipantau dari Data Lalin Simpang Samsat

Dua langkah tersebut menurut Sony Sulaksono merupakan yang paling mungkin dilakukan pemkot karena kebijakan membatasi warga gunakan kendaraan pribadi di Bandung cukup sulit untuk dilakukan.

"Kan sekarang masyarakat ada yang punya mobil atau motor lebih dari satu. Enggak mungkin Dishub Bandung melarang orang beli mobil, naik mobil, menaikkan pajak juga enggak boleh," kata Sony, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Sony menambahkan, jika kondisi masyarakat yang lebih memilih kendaraan pribadi dibiarkan, maka dipastikan jumlah kendaraan di Kota Bandung bisa semakin melebihi dari total penduduk.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x