Stok Vaksin Aman, Pemkot Bandung Pastikan Siap Layani Vaksinasi Booster Kedua untuk Masyarakat Umum

- 24 Januari 2023, 16:40 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Antara/Fikri Yusuf


PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan siap melayani vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua atau dosis empat pada masyarakat umum mulai Selasa, 24 Januari 2023.

Kesiapan Pemkot Bandung melaksanakan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat selain tenaga kesehatan (nakes) dan lansia didukung ketersediaan stok vaksin Covid-19 yang diklaim mencukupi.

"Jadi kemarin booster tahap 2 baru hanya untuk nakes dan lansia. Sekarang berlaku untuk semua. Insyaallah kita sangat siap," kata Ketua Satgas Covid-19 Kota Bandung Asep Saeful, Selasa 24 Januari 2023.

Baca Juga: Dinkes Pastikan Puskesmas di Bandung Siap Layani Vaksinasi Booster Kedua

Asep menambahkan, terkait jumlah dosis atau vial vaksin Covid-19 yang tersedia untuk booster 2 ini, meski stoknya tidak terlalu banyak, tapi masih sangat mencukupi untuk menjalankan vaksinasi dosis empat bagi masyarakat.

"Booster itu kita tidak bisa stok banyak karena penggunaannya juga beda dan ada masa kadaluarsa setelah dibuka. Masih kita hitung dulu pemetaannya karena ini sosialisasinya baru keluar kemarin," jelasnya.

Untuk itu, Asep memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat guna mencegah habisnya persediaan vaksin guna memenuhi vaksinasi booster kedua.

Baca Juga: Lokasi Vaksin Booster Kedua di Bandung 25 Januari 2023, Begini Cara Daftarnya

"Selain dengan pihak provinsi, kami juga terus berdiskusi dengan pemerintah pusat mengenai booster. Manakala persediaannya akan habis, kita diyakinkan tidak akan terjadi kehabisan seperti sebelumnya," tuturnya.

Vaksin Covid-19 booster 2 atau dosis 4 mulai serentak dilakukan untuk masyarakat umum per Selasa, 24 Januari 2023. Hal ini disampaikan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x