Ada Kendala Pembuangan ke TPA Sarimukti, DLH Atur Strategi Agar Tak Ada Penumpukan Sampah di Kota Bandung

- 18 Januari 2023, 08:15 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Dudi Prayudi.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Dudi Prayudi. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Saat ini tengah terjadi kendala dalam proses pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Akibatnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung harus mencari cara untuk mengantisipasi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kota Bandung.

Kepala DLH Kota Bandung, Dudy Prayudi menjelaskan, ada beberapa masalah yang terjadi di TPA Sarimukti yang membuat proses pembuangan sampah menjadi terkendala.

"Kendalanya ada di TPA. Alat berat mengalami kerusakan dan jalannya licin. Ditambah manuver pembuangan sempit mengakibatkan proses pembuangannya menjadi lama. Ini mengakibatkan adanya antrean panjang dan terjadi keterlambatan," ujarnya dalam keterangan yang dikutip prfmnews.id hari ini Rabu, 18 Januari 2023.

Baca Juga: DLH Jabar Sebut Distribusi Sampah ke TPA Sarimukti Mulai Normal

Saat ini, DLH Kota Bandung secara bertahap mengangkut sampah di TPS-TPS yang ada di Kota Bandung dengan mempriorotaskan yang sudah melebihi kapasitas.

"Nanti dilihat sudah sampai sejauh mana penumpukan di TPS kalau sudah sangat overload itu yang menjadi prioritas utama kami," katanya.

Pengangkutan sampah di sekitar jalan protokol di Kota Bandung juga tetap menjadi salah satu prioritas dari DLH kota Bandung.

"Prioritas kami agar sampah sampah tidak ada di jalan protokol. Kedua, sampah yang ada di TPS secara bertahap kita upayakan angkut ke TPA Sarimukti," katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x