Persatuan Orang Tua Peserta Didik Jabar Sebut MPLS Daring Mubazir

- 13 Juli 2020, 20:24 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah secara daring.
Ilustrasi belajar dari rumah secara daring. /Pikiran-rakyat.com/Ade Bayu Indra



PRFMNEWS
- Ketua Persatuan Orang Tua Peserta Didik Jawa Barat (Jabar), Mansurya Manik menyebut penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring atau online, mubazir dan tidak memiliki esensi.

Menurut dia, mayoritas orangtua dari peserta didik mengeluhkan beban kuota internet yang harus ditanggung selama mengikuti MPLS daring.

“Menurut kami tidak usah ada MPLS pada saat situasi seperti ini. Nanti saja ketika siswa sudah boleh masuk sekolah, baru MPLS dilakukan,” tutur Mansurya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (17/3/2020).

Baca Juga: Mulai 27 Juli, Warga di Jabar yang Tidak Menggunakan Masker Bakal Kena Denda Maksimal Rp150 Ribu

Sejatinya, kata Mansurya, MPLS diselenggarakan agar siswa bisa mengenal dan berinteraksi langsung dengan teman-teman dan para guru yang ada di sekolahnya. Namun karena MPLS pada tahun ajaran baru 2020/2021 ini dilakukan secara daring, siswa menjadi tak mendapatkan esensi utama MPLS.

“Karena konsep MPLS ini sangat erat dengan lingkungan sekolah, artinya kalau lingkungan itu seharus dilakukan di sekolah. Hentikan saja MPLS sementara ini, karena lebih baik dilakukan langsung di sekolah,” katanya.

Sementara itu, kegiatan para siswa baru SDN 244 Guruminda Kota Bandung nampak antusias mengikuti MPLS daring pada Senin (17/3/2020). 

Menurut Kepala SDN 244 Guruminda Kota Bandung, Nunung Nurlaila, jumlah keikutsertaan MPLS di SDN 244 Guruminda pada hari ini mencapai 91 persen.

Baca Juga: Update Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bandung 13 Juli, Kasus Positif dan PDP Bertambah

“Kami memaklumi belum semua siswa baru (100 persen) di SDN 244 Guruminda mengikuti MPLS. Karena ini terkait kendala teknis peralatan untuk mengikuti MPLS secara daring. Bagi peserta didik yang terkendala secara teknis saat hendak mengikuti MPLS daring, kami akan berikan print out (hasil) materi dan informasi terkait MPLS,” ujarnya.

Seperti diketahui, tahun ajaran baru dimulai hari ini, Senin 13 Juli 2020. Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, para siswa baru akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring selama tiga hari selama tiga hari.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x