Viral Video Monyet Turun dari Hutan Dago Pertanda Gempa? Begini Kata Pemkot Bandung

- 4 Desember 2022, 13:57 WIB
Ilustrasi monyet.
Ilustrasi monyet. /Pexels/Mikhail Nilov


PRFMNEWS – Video menampilkan sekawanan monyet berkeliaran di permukiman warga di Kota Bandung belakangan ini viral di sejumlah akun media sosial (medsos).

Salah satu video viral memperlihatkan monyet – monyet berkeliaran di permukiman warga di Kota Bandung dengan narasi primata itu berasal dari Hutan Dago, Lembang, pegunungan Maribaya, Manglayang yang terjadi Jumat, 2 Desember 2022.

Dinarasikan pula fenomena sekawanan monyet ini turun ke perumahan di Kota Bandung seperti wilayah Cikutra, Dago, Antapani jadi pertanda akan terjadinya bencana gempa bumi.

Baca Juga: 4 Kawanan Monyet Kembali Terlihat di Tengah Permukiman Kota Bandung Hari Ini

"Hari ini Jumat 2 Desember 2022 kawanan monyet berjumlah banyak turun dari kawasan hutan Dago Lembang pegunungan Maribaya Manglayang hingga masuk perumahan Cikutra Dago Antapani dan Pertanda apakah di habitatnya sudah tidak nyaman aman?? Sehingga menyebabkan mendesak segera migrasi besar-besaran ke arah Kota Bandung atau apakah ada pertanda alam akan terjadinya sesuatu bencana gempa bumi??" isi deskripsi video yang beredar.

Pemkot Bandung melalui Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) akhirnya buka suara menyampaikan klarifikasi terkait fakta video viral monyet berkeliaran di perumahan warga itu.

Fakta tentang video monyet – monyet berkeliaran di kawasan permukiman sebagai pertanda akan terjadi gempa bumi dan habitatnya sudah tidak nyaman ini diungkap Kepala Diskar PB Kota Bandung Gungun Sumaryana.

Baca Juga: Ada yang Kaitkan Peristiwa Kemunculan Monyet Liar di Kota Bandung dengan Sesar Lembang, BMKG Angkat Bicara

Gungun menegaskan video bernarasi sekawanan monyet banyak turun dari kawasan Hutan Dago, Lembang, Pegunungan Maribaya, Manglayang ke perumahan di Kota Bandung adalah berita bohong atau hoax.

Gungun menyatakan, video viral tersebut merupakan video lama yang terjadi di Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan pada tahun 2021 silam dan bukan terjadi di Kota Bandung.

Gungun pun mengingatkan masyarakat agar membiasakan untuk mengecek dan mengonfirmasi dahulu kebenaran informasi yang diterima kepada lembaga berwenang atau pihak kewilayahan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x