Pemkot Targetkan 2023 Kota Bandung 100 Persen ODF, FBS: Ada Wilayah Tidak Izinkan Buat Septic Tank Komunal

- 1 Desember 2022, 15:40 WIB
Pemerintah Kota Bandung targetkan program Stop Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen pada 2023.
Pemerintah Kota Bandung targetkan program Stop Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen pada 2023. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan Kota Bandung bisa mewujudkan program Stop Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen pada 2023.

Target Kota Bandung mewujudkan program ODF 100 persen tahun 2023 ini diungkap Ketua Umum Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung Yunimar Mulyana.

Ketua Umum FBS menuturkan pihaknya telah menyinergikan 15 Forum Kecamatan Sehat di Kota Bandung untuk menunjang program pemerintah terkait kesehatan lingkungan utamanya ODF ini.

Baca Juga: Serahkan Bantuan Korban Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Serahkan Langsung pada Pekan Depan

Yunimar Mulyana berharap melalui kegiatan yang dilakukan Forum Kecamatan Sehat ini para pembina kewilayahan bisa memberikan data yang diperlukan untuk penilaian Kota Sehat.

"Di tahun depan kita akan dinilai untuk Kota Sehat. Harapannya Kota Bandung bisa ODF 100 persen, tapi minimal 80 persen ODF. Data yang harus kita perlukan dipersiapkan dari sekarang," ujarnya, 1 Desember 2022.

Yunimar menyatakan, FBS Kota Bandung menemui sejumlah kendala untuk mewujudkan ODF di 58 kelurahan yang menjadi target program kesehatan lingkungan tersebut.

Salah satu kendala yang ditemukan yakni ada wilayah yang tidak mengizinkan lahannya dibangun septic tank komunal.

Baca Juga: Tim SAR Terus Upayakan Cari 12 Korban Hilang Gempa Cianjur

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x