1.262 Orang Positif Covid-19, Secapa AD Jadi Klaster Baru Penyebaran Corona

- 9 Juli 2020, 17:06 WIB
ILUSTRASI Covid-19
ILUSTRASI Covid-19 /.*/ Dok. PRFM News

PRFMNEWS - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, terjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 2.657.

Sehingga total kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga Kamis 9 Juli 2020, mencapai 70.736.

Menurut Yurianto, penambahan kasus positif terbanyak hari ini berasal dari Provinsi Jawa Barat dengan rincian sebanyak 962 kasus baru.

Dia juga menyampaikan, bahwa terdapat klaster baru penyebaran Corona yaitu klaster Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Kota Bandung.

Total keseluruhan kasus positif Corona dari klaster ini sebanyak 1.262.

"Keseluruhan kasus dari klaster Secapa AD berjumlah 1.262 terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih," kata Yurianto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 9 Juli 2020.

 

Baca Juga: Update 9 Juli, Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 2.657

Dia mengatakan, dari jumlah 1.262 kasus positif, 17 diantaranya saat ini dirawat di RS Dustira Cimahi. Mereka mengeluhkan sesak pernafasan, batuk, dan demam.

Sementara 1.245 lainnya dikarantina di komplek Secapa AD.

"Seluruh komplek kita isolasi, kita karantina dan kita larang untuk ada pergerakan orang baik masuk atau keluar komplek," katanya.

Proses isolasi di komplek Secapa AD kata dia, diawasi ketat oleh unsur kesehatan dari Kodam III/Siliwangi dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan Dinkes Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Kemenkes Tetapkan Batas Tarif Tertinggi Rapid Test, Pengamat: Mudah-mudahan Bukan Sekadar Wacana

Dia pun memastikan tidak akan terjadi penularan keluar komplek.

"Kita jamin tidak akan terjadi penularan keluar kompek, karena kita jaga ketat agar isolasi bisa berjalan maksimal," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x